Pernah gak sih kamu menggunakan laptop/PC seharian terus gak di-shut down ? Melainkan yang kamu lakukan adalah mode sleep/hibernate ? Nah, sebelumnya kamu tahu gak sih Guys bedanya mode sleep dan hibernate 

Sebelumnya kamu harus pahami dulu bedanya dan cara kerja laptop tidur dan hibernasi. Pertama untuk mode sleep memiliki cara kerja dimana laptopmu dalam kondisi mati namun aplikasi/program yang sedang dijalankan tidak akan ditutup. Sehingga, ketika kamu menyalakannya kembali semua aplikasi/program bisa kembali kamu lanjutkan.

Singkatnya, mode sleep akan membuat laptop/PC kamu menjadi tidak aktif sedangkan RAM dan komponen yang mendukung aktivitas RAM akan tetap menyala dengan tenaga kecil. Secara teknisnya, laptop/PC kamu tidak mati total dan masih aktif mengkonsumsi daya baterai secara minim. Maka dari itu, jika laptopmu kehabisan baterai atau tidak terhubung charge maka laptopmu akan otomatis menjadi mati total dan seluruh program/aplikasi akan tertutup seperti keadaan shut down. 

Sedangkan untuk mode hibernate, cara kerjanya memang terlihat sama dengan sleep. Pada dasarnya mode hibernate akan menyimpan seluruh program/aplikasi yang sedang berjalan dari RAM ke file fi HDD (Hard Disk). Sehingga tidak ada aktivitas yang berjalan di RAM (seperti mode sleep) dan laptop/PC akan mati total. Selain itu, pada mode hibernate juga tidak menyerap daya baterai seperti sleep. Semua komponen laptop/PC pada saat di-hibernate tidak akan aktif, layaknya shut-down. Saat dinyalakan kembali, semua program yang tersimpan di RAM akan kembali ke HDD dan dapat dijalankan kembali.

Lalu, mana yang harus digunakan? Lebih baik mode sleep atau hibernate Sebenarnya, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai dengan cara kerjanya. Jika kamu ingin meninggalkan laptop/PC dalam kedaan yang cukup lama, sebaiknya dilakukan mode hibernate. Karena daya laptop pada baterai tidak akan dikuras.

Sedangkan jika kamu hanya meninggalkannya dalam waktu singkat atau sebentar saja, kamu bisa menggunakan mode sleep. Dengan catatan, kamu perlu memastikan daya baterai kamu cukup dan tidak akan mati total karena kehilangan daya listrik.

So, itu dia Guys perbedaan cara kerja antara mode sleep dan hibernate. Sebenarnya kedua mode ini tidak akan merusak laptop jika digunakan dengan bijak. Apabila kamu tidak mematikan laptop berhari-hari, tentu saja itu membawa laptop ke masa perbaikan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!