Pernah gak sih kamu lagi asik nonton streaming film, tiba-tiba muncul buletan muter-muter? Yes, Buffering yang sering bikin jengkel karena merusak momen kamu. Nah ternyata, ada loh Guys cara untuk mengatasi buffering agar streaming kita bisa lancar! Yuk simak informasi berikut.

  • Mengecek Kecepatan Koneksi Internet 

Pertama-tama, kamu perlu mengecek kecepatan koneksi internet. dengan melakukan speed test. Kamu bisa mencoba di speedtest.net atau fast.comSiapa tahu ternyata performa koneksi internet kamu tidak optimal, itulah yang menjadi penyebab streaming video kamu terganggu dengan buffering. Kamu sebaiknya menggunakan jaringan internet yang lebih stabil.

  • Mengecek Kondisi Kebersihan Gadget 

Selanjutnya, hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memberantas buffering yakni dengan “bersih-bersih Gadget”. Kamu harus membersihkan Gadget kamu dari cache, cookiedan file internet sementara yang menumpuk di gadget kamu. Kenapa harus dihapus? Karena, cache yang berkapasitas besar di HDD laptop kamu bisa jadi faktor penyebab terjadinya buffering loh Guys! Bahkan, itu bisa menghambat performa gadget kamu jadi tidak optimal.

Cara yang bisa kamu lakukan pada software browsing kamu dengan klik menu “Settings“, kemudian pilih “Storage“. Lalu kamu pilih “Cache” dan klik “Clear Cache” untuk menghapus cache yang menumpuk.

  • Me-Uninstall Software yang tidak digunakan 

Gadget apapun bila terisi dengan software maupun program yang penuh dan tidak semuanya digunakan pastinya akan menurunkan performanya. Nah, tanpa disadari laptop kamu bisa saja jadi lemot dan terus buffering akibat memori kamu penuh. Kamu bisa sebaiknya uninstall program-program yang sekiranya tidak penting dan jarang kamu gunakaan. Dengan demikian, kamu bisa meminimalisir terjadinya buffering saat lagi streaming

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka Task Manager, cukup menekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara  bersamaan. Kemudian kamu bisa memilih program yang ingin kamu uninstall dan klik End Task. 

  • Install Driver Video Card Terbaru

Selanjutnya, kamu tahu gak sih Driver merupakan jembatan yang menghubungkan komunikasi antara perangkat dengan sistem operasi. Nah, maka dari itu Driver dengan versi yang terlalu lama alias “jadul” ternyata dapat memnbuat streaming kamu jadi suka muncul buffering loh Guys! Kamu harus pastikan dulu untuk rutin me-update driver kamu agar bisa bekerja lebih baik.

Maka dari itu, kamu jangan marah-marah dulu ya Guys kalau sering muncul buffering saat kamu lagi streaming. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat kalian ya! Selamat mencoba!

Buat kamu yang lagi punya masalah sama laptop kamu entah itu di sistem atau kinerja yang tidak optimal, langsung aja konsultasikan ke PemmzTechie! Kamu tinggal hubungi ke nomor 085280280100 ya Guys! Bahkan kamu bisa dapatkan pick up service dengan diskon 50% loh.. Yuk buruan order sekarang!