Siapa diantara kamu yang sering mematikan laptop/PC secara paksa ? Hati-hati loh Guys, karena itu dapat merusak berbagai macam komponen di dalam laptop/PC kamu.

Ketika kamu mematikan laptop/PC tanpa menggunakan fitur shut down, bisa memicu berbagai penyakit yang bisa mengancam nyawa laptop kamu. Seperti pepatah yang mungkin sering kita dengar, “Segala Sesuatu yang Dipaksakan Tidak Akan Baik”. Yuk simak apa saja akibat yang dapat terjadi ketika kamu sering mematikan laptop/PC kamu secara paksa.

1. Merusak Power Supply
Kok bisa sih? Penting untuk kamu ketahui bahwa mematikan komputer dengan fitur shut down akan membawa perintah kepada BIOS untuk menonaktifkan semua aktivitas yang dilakukan perangkatmu. Khususnya dalam hal ini adalah Power Supply. Sehingga ketika kamu langsung mematikan laptop/PC, maka arus listrik pada laptop/PC kalian akan terputus secara tiba-tiba. Hal itu dapat membahayakan power supply hingga meledak karena korsleting.

2. Merusak Hardisk
Berikutnya, komponen yang kena getah dari mematikan laptop/PC secara paksa adalah HDD atau Hardisk. Memori tempat dimana kita menyimpan data-data penting dapat bermasalah seperti terjadinya corrupt atau gangguan lainnya. Hal ini dikarenakan piringan pada hardisk akan berhenti mendadak dan lama kelamaan akan merusak laptop/PC.

3. Merusak Prosesor
Ketika mematikan laptop/PC secara paksa akan membuat proses pendinginan prosesor tidak akan berjalan optimal dan dapat merusak prosesor. Padahal, prosesor merupakan salah satu komponen penting yang menunjang performa laptop/PC dapat berjalan maksimal. Berbeda dengan ketika kamu mematikan perangkat secara normal melalui fitur shut downheatsink akan bekerja lebih baik dan akan memproses pendinginan prosesor.

4. Merusak RAM
Jika mematikan laptop/PC secara mendadak maka membuat proses pengosongan memori akan terlewat. Tak hanya itu, program-program lainnya yang masih berjalan dan tidak dinonaktifkan dahulu dapat memberi beban bagi laptop/PC saat dinyalakan kembali.

5. Registry Error
Dan kemungkinan penyakit terakhir yang dapat terjadi pada laptop kamu adalah Registry Error. Maksudnya adalah jika mematikan secara paksa maka sistem kalian tidak akan registrasi ulang komponen dan software yang digunakannya serta dapat mengakibatkan error.

Nah, gimana Guys? Kamu masih mau mematikan laptop/PC kesayanganmu secara paksa? Jangan heran kalau penyakit-penyakit mulai mewabahi perangkatmu ya Guys! Yuk sebisa mungkin rawat dan jaga laptop/PC kamu seperti kamu menyayangi dirimu sendiri! Semoga informasi di atas bermanfaat ya Guys!

Buat kamu yang mungkin sudah merasa jenuh dengan masalah-masalah pada laptop/PC kamu, bisa langsung konsultasikan kepada tim PemmzTechie ya. Kami siap menuntaskan semua permasalahan pada perangkatmu. Langsung saja hubungi kami melalui WA: 085280280100/ 08999999279. Dan kalian bisa tetap di rumah karena situasi pandemi, karena kita akan memberikan layanan free pick up di area Jakarta Barat. Kamu cukup memberitahu customer service kami kode tersebut dan kami akan menjemput laptopmu. Yuk buruan servis laptop kamu bersama PemmzTechie.