Ketika hendak membeli perangkat elektronik atau gadget seperti komputer, laptop, atau smartphone, salah satu komponen yang menjadi pertimbangan adalah RAM. Setuju gak sih kamu? Tingkat kapasitas RAM dalam perangkat itu menjadi penting agar bisa mendukung penggunaan berbagai aplikasi yang optimal.

RAM menjadi komponen penting dalam menopang program yang berjalan di suatu perangkat laptop/komputer. Dan ternyata berbicara tentang RAM, ada beberapa jenis RAM yang telah digunakan perangkat komputer dalam berbagai tipe. Yuk simak informasi berikut untuk tahu lebih lengkapnya!

1. DRAM 

DRAM - Source: Google.com

DRAM atau singkatan dari Dynamic Random Access Memory ini merupakan tipe RAM yang paling biasa digunakan pada perangkat komputer. Dynamic RAM merupakan jenis-jenis RAM yang disegarkan atau refresh oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

Kelebihan dari DRAM sendiri adalah memiliki desain yang simpel serta kecepatan yang cukup baik. Kecepatan yang dapat ditempuh oleh RAM in sekitar 4,7 Mhz sampai 40 Mhz. Ditambah lagi, biaya produksinya pun terbilang rendah sehingga RAM ini cukup sering digunakan untuk pemangakasan biaya.

2. SDRAM 

SDRAM - Source: Google.com

Jenis RAM yang berikutnya yakni ada SDRAM, singkatan dari Synchronous Dynamic Random Access Memory. SDRAM adalah gabungan dari DRAM dengan sistem bus. Kelebihan dari jenis RAM yang satu ini adalah memiliki kecepatan sekitar 100 Mhz hingga 133 Mhz. SDRAM ini juga dapat dikatakan memiliki kecepatan yang cukup tinggi dikelasnya. RAM jenis ini berfungsi sebagai pengganti DRAM. 

3. GDDR SDRAM 

SDRAM - Source: Google.com

Berikutnya ada jenis RAM ketiga yakni GDDR SDRAM yang merupakan singkatan dari Graphic DDR SDRAM. Jenis RAM ini dibuat khusus melakukan rendering grafis video. Bisa dikatakan, jenis RAM yang satu ini sering digunakan pada kartu video atau video card. GDDR memiliki ciri tidak menggunakan banyak daya sehingga panas yang dihasilkan pun lebih sedikit.

4. DDR SDRAM 

DDR RAM - Source: Google.com

Double Rate Random Access Memory atau DDR RAM merupakan jenis-jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Jenis RAM ini mempunyai kapasitas 184 pin dan mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah.

DDR RAM ini juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan DDR4 merupakan pengembangan dari DDR RAM. Jenis RAM ini banyak digunakan pada laptop  untuk menghemat daya listrik yakni dengan tegangan 2,5 V sampai 3,3 Volt. Selain itu, jenis DDR RAM juga lebih maksimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 16 GB per chip-nya.

Dan jenis DDR RAM inilah yang saat ini banyak digunakan di perangkat-perangkat komputer/laptop. Komponen RAM sangatlah penting dalam menentukan kinerja dan performa suatu perangkat komputer. Bahkan saat ini, kapasitas RAM terbesar bisa mencapai lebih dari 1 TB untuk mendukung kinerja komputer yang optimal. Mungkin saja suatu saat nanti kapasitas RAM bisa lebih naik lagi seiring dengan perkembangan zaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk mempertimbangkan kapasitas dan jenis RAM yang digunakan ya Guys sebelum memutuskan untuk membeli laptop/komputer. 

Buat kamu yang mungkin merasa ingin melakukan upgrade RAM agar kapasitasnya lebih tinggi sehingga mendukung kinerja laptop yang optimal, kamu bisa menghubungi PemmzTechie. Bahkan, mungkin kalau kamu masih ragu dan masih bingung baiknya upgrade berapa Gigabyte, kamu bisa konsultasikan dahulu kepada tim PemmzTechie! Caranya gampang banget, kamu tinggal hubungi kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.