Situasi PSBB Transisi sekarang, tidak memungkiri beberapa dari kita masih harus bergantian WFO dan WFH. Sebagai perangkat yang paling dibutuhkan untuk mendukung aktivitas kerja kita, laptop pun harus dirawat dengan baik. Tapi, pernah gak sih kamu ngalamin ketika lagi asik WFH terus laptop kamu tiba-tiba mati karena baterai laptop yang cepat habis alias boros. Tak jarang, karena WFH yang hampir seharian buat kamu harus mengisi daya laptop secara terus-menerus.

Maka dari itu, kali ini PemmzTechie akan membagikan tips simple agar baterai laptop kamu tidak mudah boros. Berikut ini ulasannya.

1. Menurunkan Kecerahan Layar 

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah menurunkan kecerahan layar dari laptop kamu. Dengan membiarkan layar kamu terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat habis. Walaupun layar yang cerah memang membuat tampilan yang lebih jelas, namun selain dapat menguras baterai tapi juga dapat merusak mata kamu.

2. Mematikan Speaker, WiFi, dan Bluetooth 

Jika kamu sedang melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk tidak menyalakan musik dengan speaker. Pengeras suara laptop mampu menguras daya laptop sangat besar. Nah, untuk WiFi biasanya diperlukan karena kebutuhan kerjaan kita akan koneksi internet. Namun, jika sekiranya kamu hanya menggunakan microsoft office kamu bisa menonaktifkan koneksi internet atau WiFi.  Apalagi fitur Bluetooth, sebaiknya jika tidak digunakan kamu bisa matikan saja.

3. Mengaktifkan Battery Saver/ Eco Mode 

Berikutnya, kamu bisa memanfaatkan Fitur Battery Saver atau Eco Mode yang ada pada laptop kamu. Fitur tersebut dapat membuat baterai laptop bertahan lebih lama. Dengan mengaktifkan fitur penghemat baterai, pengaturan laptop kamu  akan diubah dengan fokus untuk mengurangi penggunaan daya sehingga baterai laptop dapat bertahan lebih lama.

4. Kurangi Kegiatan Multitasking

Selanjutnya, kamu bisa menutup aplikasi atau program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang. Dengan mengurangi kegiatan multitasking untuk laptop kamu akan membantu menghemat daya baterai. Jadi, sebaiknya kamu bisa mematikan aplikasi ataupun program yang tidak digunakan. Pada laptop berbasis Windows, kamu bisa memeriksa program apa saja yang sedang berjalan. Caranya, menuju Task Manager yang bisa kamu buka dengan menekan Ctrl+Shift+Esc.

5. Memastikan Kondisi Laptop dalam Suhu Optimum 

Terakhir, jangan pernah membiarkan laptop kamu dalam keadaan suhu panas yang ekstrim. Nah, kamu perlu memastikan sistem pendingin laptop berfungsi dengan baik dan udara mengalir dengan lancar ke luar. Panas yang berlebihan jika terjadi secara terus-menerus dapat membuat umur baterai dan juga komponen hardware yang lain jadi lebih pendek. Masalah yang terjadi biasanya itu adanya debu yang menumpuk lubang ventilasi dalam komponen laptop.

Kamu juga perlu menghindari kebiasaan menaruh laptop di atas pangkuan, sofa ataupun kasur. Karena itu dapat menutup lubang ventilasi di bawah laptop, sebaiknya kamu menggunakan laptop di atas permukaan datar seperti meja.

Buat kamu yang mungkin merasa baterai laptop/PC kamu sudah bermasalah kamu bisa langsung menghubungi PemmzTechie. Kamu bisa konsultasikan dahulu kepada tim PemmzTechie di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.