Kalian yang mengaku gamers sejati, tidak heran jika kalian pasti punya Desktop atau PC yang digunakan untuk aktivitas Gaming. Siapakah dari kamu yang hanya tahu bermain saja tanpa memperhatikan kondisi kesehatan PC Gaming kamu? Apalagi jika kamu terus menggunakannya setiap hari dalam jangka waktu yang cukup lama. Pastinya kondisi PC Gaming yang kamu rakit itu tidak akan seoptimal dan sekencang waktu awal dibeli.

Mungkin kamu merasa bahwa komponen-komponen hardware yang kamu pilih untuk merakit PC Gaming merupakan jenis komponen yang berspesifikasi tinggi alias tingkat dewa. Namun, dibalik itu ketika kamu terus menggunakannya tanpa merawatnya, menjaga manajemen kabel-kabel yang menghubungi komponen hardware PC satu sama lain maka percaya tidak percaya kamu harus siap menerima resiko kerusakan yang dapat terjadi akibat hal tersebut.

Maka dari itu, terdapat beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk menjaga PC Gaming kamu tetap awet, kenceng dan optimal pastinya. Kali ini PemmzTechie akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk merawat PC Gaming kamu! Yuk langsung simak informasi berikut ini!

1. Memasang Filter Debu di CPU 

Jika kamu ingin merawat bagian CPU pada PC Gaming, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah memasang filter debu. Di dalam bagian case nya kamu bisa memasang kipas yang akan mengalirkan udara sehingga tidak akan menghambat karena tumpukan debu atau kotoran.

Tips Merawat PC Gaming agar Tetap Ngebut - PemmzTechie

Tips Merawat PC Gaming agar Tetap Ngebut – PemmzTechie

Kehadiran filter debu sangat penting untuk dipasang di lubang aliran udara. Biasanya, ada beberapa spot yang bisa kalian temukan di bagian atas, belakang, dan depan casing. Filter debu untuk PC cenderung berukuran besar dan bisa digunting untuk dipasang. Namun, ada juga yang bisa dipasang langsung di bagian kipas.

2. Membersihkan PC secara Rutin 

Tips Merawat PC Gaming agar Tetap Ngebut

Tips Merawat PC Gaming agar Tetap Ngebut

Tips selanjutnya yang tak kalah penting harus kamu lakukan agar PC Gaming kamu tetap optimal dan terlindungi dari tumpukan debu maupun kotoran adalah membersihkan PC kamu secara rutin. Setidaknya kamu harus menjaga maintenance PC Gaming mu minimal tiga bulan sekali. Hal ini penting untuk dilakukan, agar debu atau kotoran tidak menumpuk  karena hal tersebut dapat mengakibatkan udara jadi susah mengalir di dalam mesin komputer.

Alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan komponen hardware di dalam PC Gaming kamu adalah alat pembersih seperti kuas, vacuum cleaner mini, cotton bud, cairan pembersih dan kain microfiber. Alat sederhana ini bisa digunakan untuk menyingkirkan debu yang tersisa di komponen. Selain debu, kalian juga bisa memperhatikan thermal paste yang menempel di prosesor kamu. Kamu harus segera menggantinya ketika pasta kamu sudah kering dan dapat menyebabkan PC Gaming kamu jadi cepat panas.

3. Mengatur Kabel Dengan Teratur 

Hal pertama yang bisa bikin PC awet adalah menjaga manajemen kabel. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun perlu kamu ketahui bahwa kabel yang terlipat dan kusut  dapat mengakibatkan komponennya jadi lebih rentan. Apalagi kalau kabel terlalu berantakan, tentu besar risiko tertarik atau terhimpit oleh barang.

Jangan biasakan enggak peduli memperhatikan kabel. Kabel yang terkelupas atau kehilangan kelenturan lebih rentan rusak dan malah mengancam komponen lain. Untuk kabel CPU, misalnya, kalian harus bisa melakukan pengaturan yang baik. Jadi, ketika memasang atau mengganti komponen, kalian enggak lagi kerepotan.

Selain ketiga tips yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa menginvestasikan uangmu untuk melakukan upgrade komponen PC Gaming. Hal tersebut bisa membuat PC Gaming kamu semakin prima. Kamu bisa mengganti kipas yang lebih kencang atau mengganti heatsink yang lebih besar. Kemudian perangkat liquid cooling juga bisa kamu pasang sehingga proses pendinginan perangkat PC Gaming lebih optimal.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Pemmzholics! Jika kamu merasa PC Rakitan kamu mulai bermasalah jangan khawatir dan serahkan saja langsung kepada PemmzTechie. Kamu bisa mengkonsultasikan masalahnya dan langsung servis kepada kami dengan cara menghubungi nomor kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.