Pernahkah kamu berpikir bahwa komponen hard ware di laptop/desktop kamu perlu diawasi? Nah, penting bagi kamu untuk memantau hardware perangkat kesayangan kamu. Hal ini dilakukan agar kita dapat mencegahnya dari berbagai sakit-penyakit yang bisa muncul akibat kamu tidak pernah merawat dan mengawasi kondisi hardware laptop/desktop kamu. Dan jika kamu membiarkannya bisa menyebabkan kerusakan loh Guys!

Untuk mengawasi kondisi hardware kamu, ada banyak software monitoring, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Namun jika kalian ingin yang gratis (bukan trial), ada beberapa software yang punya fitur tidak kalah dengan yang berbayar. Bahkan kemampuannya juga sering diandalkan bagi mereka ketika menguji performa suatu laptop atau desktop. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. CPU-Z (1.82 MB)

CPU-Z – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Pertama yakni ada software sederhana tapi keren yang kerap digunakan untuk melihat komponen dasar suatu laptop atau desktop. Dengan ukuran file kecil, software ini berguna untuk melihat CPU, GPU, dan memori yang digunakan. Software ini juga menyediakan fitur benchmark dan stress test CPU untuk melihat sejauh mana performa dari komponen tersebut.

2. GPU-Z (6.9 MB)

GPU-Z - Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

GPU-Z – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Berikutnya ada GPU-Z, yang mana software ini berguna untuk mengetahui jenis atau tipe GPU (chip grafis) yang digunakan. Didalamnya terdapat informasi seperti memory type, GPU clock, sampai versi driver yang digunakan. Software ini juga menyediakan fitur sensor untuk memantau suhu dari GPU yang sedang digunakan secara real time. Tidak cuma itu, kalian juga bisa menjalan test render untuk melihat performa GPU secara umum.

3.HWiNFO (8,59 MB)

HWiNFO - Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

HWiNFO – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Software gratis yang ketiga yakni HWiNFO, yang merupakan salah satu software yang punya fitur keren buat monitoring komponen yang ada. Fiturnya lebih lengkap dibanding CPU-Z dan berguna bagi kalian yang butuh informasi status komponen dengan lebih detail. Software akan memonitor sistem komputer dengan bantuan sensor primary health yang akan menampilkan informasi, mulai dari suhu CPU, konsumsi daya, voltase mainboard, kecepatan kipas, voltase GPU, dan masih banyak lagi.

4.  Open Hardware Monitor (513 KB)

Open Hardware Monitor - Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Open Hardware Monitor – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Software ini memiliki fitur yang tidak kalah keren dibanding HWiNFO, bahkan memiliki tambahan fitur yang tidak dimiliki HWiNFO. Selain menampilkan suhu hardware, Open Hardware Monitor akan menampilkan frekuensi CPU, GPU, informasi RAM, bahkan status pada harddisk atau SSD. Open Hardware Monitor juga dapat dikustomisasi misalnya bisa me-rename atau menyembunyikan value dan merubah offset. Agar bisa menggunakan fitur secara keseluruhan, pastikan menjalankan software ini sebagai Administrator.

5. Core Temp (1.2 MB)

Core Temp- Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Core Temp- Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Software pengukur suhu CPU sangatlah penting, dengannya kita dapat mencegah desktop dan laptop dari overheating. Ada banyak software yang dikhususkan untuk memantau suhu, dan Core Temp adalah salah satu yang kami rekomendasikan. Ukurannya kecil namun mampu memantau suhu secara real time dan menampilkannya secara sederhana sehingga tidak mengganggu sistem yang sedang berjalan. Software ini juga akan menampilkan notifikasi jika suhu panas sudah diambang batas tinggi.

6. SpeedFan (2.9 MB)

SpeedFan - Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

SpeedFan – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap dibanding Core Temp, maka SpeedFan bisa jadi pilihan. SpeedFan merupakan software monitoring hardware yang bisa memonitor tegangan, kecepatan kipas dan suhu. Selain itu juga dapat mengatur kecepatan fan saat suhu terpantau dalam kondisi tinggi. Speedfan juga memiliki fitur grafik yang berguna untuk menganalisa lebih dalam suhu dan tegangan pada hardware.

7. CrystalDiskInfo (5.9 MB)

CrystalDiskInfo - Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

CrystalDiskInfo – Software Gratis untuk Monitoring Hardware Laptop PemmzTechie

Untuk urusan storage seperti HDD atau SSD, CrystalDiskInfo tidak hanya bisa mendeteksi jenis atau tipe storage yang digunakan, tetapi juga memantau apakah komponen ini berada dalam kondisi terbaik. CrystalDiskInfo akan menampilkan secara lengkap informasi storage yang meliputi suhu, uptime, waktu start-uperror states, dan banyak lagi. Tool ini juga mengkalkulasi Health Status keseluruhan.

So, itu dia beberapa rekomendasi Software gratis yang bisa kamu gunakan untuk memonitor komponen hardware di laptop maupun desktop kamu. Semoga informasi yang disajikan di atas bermanfaat ya Guys!

Dan buat kamu yang merasa bahwa komponen di dalam perangkat laptop maupun desktop kamu mulai bermasalah ataupun sudah tidak bekerja optimal, maka kamu bisa mengkonsultasikannya kepada PemmzTechie. Caranya gampang banget, kamu tinggal hubungi kami di nomor WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.