Bulan januari sudah memasuki musim hujan. Beberapa masalah yang sering dihadapi saat musim hujan adalah laptop yang terkena air hujan. Laptop merupakan barang yang paling penting di era pandemi covid-19 ini. Laptop digunakan baik dalam pekerjaan dan belajar. Laptop yang terkena air hujan dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut ini tips memperbaiki laptop yang terkena air hujan:

1.Jangan Menyalakan Laptop.

Jangan pernah menyalakan laptop anda yang terkena air apalagi ketika baterai masih terpasang. Hal ini akan menyebabkan konslet di bahian dalam laptop.

2.Melepas baterai dari laptop :

Hal yang harus langsung kalian lakukan adalah mengecek baterai laptop.  Jika baterai laptop masih terpasang maka harus segera dilepas.  Jika baterai laptop masih terpasang bisa mengakibatkan konsleting arus listrik dan dapat merusak bagian dalam laptop. Baterai laptop dapat kembali dipasang sesudah 48 jam atau sekitar 2 hari setelah terkena air.

3.Buka keyboard

Membuka keyboard laptop secara hati – hati. Lap pada bagian yang basah dengan kapas, tisue atau kain halus untuk menghilangkan air yang ada. Kemudian lap bagian yang basah dengan tisue, kapas atau kain halus untuk membersihkan dan menghilangkan genangan air pada bagian dalam.

4.Membalik laptop

Langkah ini berguna agar air tidak semakin menyerap kedalam laptop. Miringkan laptop ke samping supaya air mengalir melewati celah yang ada.

5.Keringkan dengan vacuum cleaner

Langkah terakir yang bisa dilakukan adalah mengeringkan laptop dengan vacuum cleaner atau jika anda tidak mempunyai vacuum cleaner kita bisa menggunakan kipas angin.

 

Kalian bisa memperbaiki laptop kalian di Techie atau WA ke: 085280280100/ 08999999279.