Laptop menjadi barang yang penting di era sekarang. Layar laptop yang rusak pasti sangat menggangu penggunanya.  Terdapat berbagai macam jenis kerusakan pada layar laptop, baik kerusakan yang ringan hingga berat.

Buat kalian yang bingung mengenai kerusakan pada layar laptop, yuk simak jenis kerusakan dan penyebab kerusakan pada layar laptop kalian :

1.Layar Laptop Berkedip

Layar laptop berkedip biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti resolusi layar terlampau tinggi, daya listrik yang tak stabil, hingga VGA yang bermasalah.

Layar laptop yang berkedip akan membuat mata menjadi tidak nyaman jika digunakan dalam jangka waktu lama. Layar laptop yang berkedip biasanya menampilkan visual yang cenderung low definition, sehingga kurang memuaskan bagi penggunanya.

2.Layar Laptop Terdistorsi

Layar laptop terdistorsi adalah tampilannya yang terlihat seperti televisi yang “bersemut”. Masalah layar laptop yang terdistrosi biasanya jarang ditemui, tetapi dalam kebanyakan kasus, layar terdistorsi disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada komponen hardware pada laptop.

3.Layar Laptop Blank Screen

Layar laptop yang blank screen atau layar laptop hitam basanya disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya adalah RAM yang tidak terpasang dengan baik atau lampu neon yang menerangi layar sedang bermasalah.

4.Layar Laptop Terbalik

Layar laptop terbalik adalah tampilan pada layar laptop berubah 90 derajat saat dinyalakan. Kondisi ini biasanya dialami ketika salah menekan tombol tertentu atau adanya kerusakan pada hardware laptop.

5.Layar Laptop Bergerak-Gerak Sendiri

Layar laptop yang  bergerak-gerak sendiri disebut ghost touch, biasanya terjadi pada laptop dengan layar touchscreen. Layar yang bergerak sendiri disebabkan beberapa hal, seperti kondisi yang terlalu panas, baterai akan habis, atau daya listrik dari charger yang tidak stabil.

6.Layar Laptop Bergaris dan Bergetar

Layar laptop yang bergaris dan bergetar saat dinyalakan biasanya terjadi pada laptop dengan layar yang masih menggunakan sistem LCD. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika halini juga menimpa layar LED. Biasanya hal ini disebabkan oleh laptop yang sering dibuka-tutup secara terus-menerus atau terjatuh dan mengenai bagian siku laptop. Mengakibatkan layar mengalami gangguan karena adanya kerusakan atau bagian yang longgar.

7.Layar Laptop Berubah Warna

Penyebab utama dari layar laptop berubah warna adalah gangguan atau kerusakan yang terjadi pada VGA. Kabel konektor yang tidak terpasang dengan baik atau kabel yang rusak atau terjepit juga bisa jadi penyebab utama dari masalah ini.

 

Buat kalian yang ingin memastikan penyebab kerusakan layar laptop kalian, kalian bisa membawa laptop kalian ke PemmzTechie atau menghubungi WA: 085 280 280 100 / 08999 999 279.