USB bukan hanya digunakan untuk menyimpan data, tetapi ada juga kegunaan-kegunaan lainnya lho. Yuk simak lima kegunaan lain dari USB :

1.Mengunci atau membuka PC

Meningkatnya cyber crime membuat banyak orang memerlukan sistem pengaman yang kuat untuk melindungi data-data penting. Selain password, kamu bisa memanfaatkan USB sebagai alternatif untuk mengunci komputer, lho.

Caranya, download software Predator (khusus Windows) terlebih dahulu. Predator adalah salah satu tool populer yang dapat mengubah USB menjadi ‘kunci’ fisik untuk mengunci atau membuka komputer kamu. Jika USB dicolokkan ke komputer, kamu bisa mengakses komputer. Sebaliknya, saat ingin meninggalkan komputer, cabut USB dan komputer akan terkunci secara otomatis.

2.Menggunakan aplikasi favorit di mana saja

Kebanyakan aplikasi tentunya harus kamu install agar dapat digunakan. Namun, aplikasi dan game portabel tidak perlu instalasi. Cukup download aplikasi portabel dalam bentuk file ZIP ke dalam USB, lalu dapat langsung menjalankan program tersebut di komputer mana saja.

kegunaan USB

Ini tentu sangat memudahkan spAcer yang selalu bekerja mobile. Kamu bisa mengakses berbagai aplikasi yang berkaitan dengan bekerja, seperti kalender yang berisikan jadwal ketemu klien atau meeting, web browser dengan bookmark favorit, LibreOffice untuk mengetik laporan, dan lain sebagainya.

3.Membantu mengatasi masalah komputer

Kegunaan USB berikutnya adalah dapat membantu mengatasi permasalahan komputer kamu. Kamu dapat memasukkan program portabel di USB sebagai PC rescue toolkit andalanmu, antara lain Revo Unistaller yang membantu menghapus program bloatware dan berbahaya lainnya, AppCrashView yang dapat melaporkan detail aplikasi yang rusak, Speccy yang memungkinkan kamu melihat spesifikasi komputer secara lengkap, dan masih banyak lainnya.

kegunaan USB

4.Meningkatkan kinerja PC

Kamu juga bisa mempercepat kinerja komputer yang lemot hanya bermodalkan USB. Cukup mengaktifkan Windows ReadyBoost dengan mencoloknya ke perangkat, lalu pilih ReadyBoost pada kotak dialog AutoPlay yang tampil.

Jika belum pernah mendengar tentang program ini, ReadyBoost sebenarnya sudah ada sejak era Windows Vista. Program ini menyimpan file cache yang sering digunakan oleh Windows 10 di USB, lalu menggunakannya untuk meningkatkan performa komputer untuk bekerja lebih cepat dari biasanya setelah diaktifkan. Meskipun begitu ReadyBoost membutuhkan USB kecepatan tinggi atau tercantum Windows ReadyBoost-capable.

5.Menggunakan sistem operasi tanpa memformat komputer

Terakhir, kegunaan USB bisa untuk menjalankan sistem operasi secara terpisah tanpa install komputer. Misalnya, kamu penasaran ingin mencoba OS Windows 10 karena masih menggunakan Windows versi lama, maka kamu dapat melakukan bootable Windows 10 di USB. Nantinya, dapat langsung menjalankan Windows 10 dari USB.

Kelebihan ini memudahkan kamu menggunakan sistem operasi favoritmu di mana saja atau digunakan di komputer manapun. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sistem operasi dari USB ini ketika komputer rusak atau berhenti bekerja ketika hard drive tidak bisa diakses sama sekali.

 

Buat kamu yang inginFungsi Lain dari USB memperbaiki laptop kalian di Techie atau WA ke: 085280280100/ 08999999279.