Headset menjadi accesories penting dalam kegiatan gaming sehari-hari, bahkan digunakan juga untuk mendengarkan lagu, atau telepon. Dengan adanya headset dapat memudahkan penggunanya untuk mendengarkan berbagai macam suara dengan kualitas terbaik. Apa lagi jika headset tersebut ditunjang dengan fitur Bluetooth yang dapat memudahkan pemakaian sehari-hari tanpa pusing memikirkan kabel. Sebelum membeli headset bluetooth, lebih baik PemmzHolic membaca tips cara memilih Headset Bluetooth berikut :

Tips / Cara Memilih Headset Bluetooth

1. Spesifikasi dan Fitur

Spesifikasi dari sebuah barang elektronik sepertinya adalah hal yang paling pertama yang harus PemmzHolic perhatikan. Begitu pula pada headset tanpa kabel. Cari tahu tipe Bluetooth yang dipakai agar koneksi lebih baik, atau tipe codec yang digunakan agar sesuai dengan device-mu. Selain itu, perhatikan pula fitur penting seperti noise cancelling, sensitivity, sound isolation, drivers hingga sweat resistant.

2. Kualitas Suara

Yang terpenting dari headset adalah kualitas suara yang dikeluarkan. Oleh karena itu, PemmzHolic perlu mengetahui kualitas suara dari headset yang akan kamu beli. Kamu bisa membaca review atau menanyakan hal tersebut kepada temanmu yang sudah punya. Setiap merk headset memiliki kualitas suara yang berbeda, pilihlah headset yang mempunyai kualitas suara terbaik atau yang nyaman di telinga.

3. Kompatibilitas

Kamu juga perlu memerhatikan kompatibilitas dari headset bluetooth yang akan kamu beli. iOS memiliki jenis codec bernama Advance Audio Coding (AAC), sedangkan di Android memiliki codec bernama apt-X, keduanya memiliki kualitas suara yang tak perlu kamu ragukan. Kamu hanya tinggal memilih headset yang sesuai dengan codec pada device-mu.

4. Perhatikan Materialnya

Material dari headset bluetooth pun berbeda-beda, dan material ini juga akan menentukan kualitas suara yang dikeluarkan headset. Saat ini banyak earphone tanpa kabel yang menggunakan bahan silikon, namun material busa (foam) akan memberikan kualitas suara yang lebih baik. Foam dapat meredam suara lebih baik ketimbang silikon, karena memang sifat dari bahan tersebut. Selain itu, foam juga akan beradaptasi dengan bentuk lubang telinga kita, sehingga akan memberikan kenyamanan maksimal.

5. Bentuk dan Tipe Headset

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth

Bentuk dan tipe headset bluetooth bermacam-macam, terdapat beberapa pilihan bentuk yang bisa kamu pilih. Kamu dapat memilih headset bluetooth yang terpisah. Jika kamu senang berolahraga kamu bisa memilih headset bluetooth yang menggantung di leher belakangmu agar tidak mudah terjatuh. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya selera.

6. Daya Tahan Baterai

Tips selanjutnya adalah perhatikan daya baterai headset bluetooth pilihanmu. Berbeda dengan headset biasa, yang tidak menggunakan baterai, headset bluetooth memiliki baterai. Jika kamu adalah orang yang sering menggunakan headset, kamu perlu mencari headset bluetooth dengan kapasitas baterai yang besar. Maka dari itu, sempatkan waktumu untuk membaca spesifikasi dari  headset yang akan kamu beli agar kamu tidak menyesal setelah membelinya.

7. Kenyamanan

tips memilih headset bluetooth, cara memilih headset bluetooth

Kamu perlu memperhatikan bentuk dari headset bluetooth agar sesuai dengan lubang telingamu. Selain itu, tipe dari headset bluetooth juga akan memengaruhi kenyamanan.

8. Perhatikan Garansi yang Diberikan

Ketika ingin membeli headset bluetooth, perhatikan pula garansi resmi atau dari distributor. Kamu perlu mengetahui seperti apa garansi yang diberikan. Sehingga kamu tidak perlu pusing jika headset bluetooth-mu mengalami kerusakan.

9. Budget

Berikutnya adalah budget yang kamu miliki untuk membeli sebuah headset bluetooth. Jika kamu menginginkan headset dengan kualitas terbaik, headset tersebut pasti dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Namun, tidak ada salahnya kamu membeli headset yang cukup murah, tapi perhatikan pula spesifikasinya.

 

Sekian tips dari Techie. Buat PemmzHolic yang ingin memperbaiki laptop atau desktop kalian, kalian bisa datang ke PemmzTechie Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Yogyakarta. Atau menghubungi WA 085280280100/ 08999999279.