Secara sederhana, fungsi utama RAM adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu aplikasi sedang berjalan. Makin besar RAM, makin banyak pula data yang bisa diproses bersamaan (multitasking). Bedanya RAM dengan ROM (Read-Only Memory, biasanya berupa hard disk atau SSD) adalah data yang disimpan di RAM akan hilang saat komputer atau laptop mati, sedangkan data di ROM tetap tersimpan.

1. Ada beragam jenis dan ukuran RAM untuk laptop

Ada berbagai ukuran dan jenis RAM yang digunakan pada laptop atau komputer. Ukuran RAM yang umum ditemukan terpasang secara bawaan sebesar 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai 32GB. Sementara ada beberapa jenis RAM:

  •   EDO RAM (Enhanced Data Output RAM): biasanya digunakan pada komputer lama untuk mengambil dan menyimpan data secara simultan
  • RD RAM (Rambus Dynamic RAM): banyak digunakan pada komputer keluaran tahun 1999 sampai 2000-an. Memiliki kinerja lebih cepat dibandingkan EDO RAM.SD RAM (Synchronous Dynamic RAM): Memiliki tingkat sinkronisasi yang tinggi.
  • DDR (Double Data Rate): Paling umum ditemukan saat ini karena kecepatannya dua kali lipat dibandingkan SD RAM, mulai 133 MHz, 233MHz, sampai 400MHz. DDR punya beberapa generasi, mulai dari DDR2, DDR3, DDR4, hingga DDR5.

2. Laptop butuh RAM besar

RAM yang dimiliki oleh laptop kamu cukup untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi. Meski demikian, RAM yang lebih besar mampu membuat aplikasi beroperasi dengan lebih cepat dan juga stabil. Di sisi lain, kalau kamu menggunakan laptop untuk pekerjaan biasa, RAM yang dibutuhkan minimal 4 GB. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan RAM sebesar 8 GB untuk performa yang lebih baik.

3. Performa laptop tidak hanya bergantung pada RAM

Menambah RAM pada laptop memang bisa membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan stabil. Namun rupanya, penambahan RAM tidak akan secara otomatis meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan. Misalnya, laptop Sobat ZetZet menggunakan RAM 8 GB, lalu di-upgrade menjadi 16 GB. Bila diperhatikan, pengguna mungkin tidak akan melihat perbedaan signifikan antara RAM 8 GB dan RAM 16 GB. Beda halnya jika kamu menggunakan laptop untuk gaming atau pekerjaan multimedia, penambahan RAM baru dirasakan akan memengaruhi kinerja laptop.

4. Kamu bisa meng-upgrade RAM dengan ukuran berbeda

Biasanya, laptop dilengkapi dengan dua selot memori. Memang, banyak yang menyarankan supaya jika ingin menambah RAM, model, ukuran, dan frekuensinya haruslah sama. Alasannya, RAM memunyai komponen-komponen yang merupakan satu kesatuan yang memberikan kinerja optimal. Kendati demikian, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan RAM yang ukurannya berbeda. Sebagai contoh, untuk selot memori pertama, kamu sudah menggunakan RAM 4 GB. Maka, kamu masih bisa menambah RAM 8 GB.

5. RAM booster bisa memperlambat sistem

Tidak sedikit orang yang menggunakan RAM booster supaya performa RAM meningkat dan laptop jadi tidak lemot. Booster hanya akan memperlambat sistem.

Buat PemmzHolic yang mau update RAM hingga penyimpanan kalian, kalian bisa bawa laptop kalian ke PemmzTechie atau hubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.