Memory card adalah salah satu komponen penting bagi pemilik smartphone atau pun tablet. Memory card dapat menanggulangi keterbatasan memori internal pada sebuah smartphone. Saat ini kartu memori yang paling banyak digunakan adalah kartu memori dari jenis SD, yang terdiri dari memori SD card, MiniSD, dan MicroSD. SD adalah singkatan dari Secure Digital, yang merupakan memory card flash ultra kecil yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas tinggi dalam ukuran yang kecil. Kartu memori SD sendiri bisa dikategorikan berdasarkan dua kriteria. Techie akan menjelaskan apa saja :

1.Berdasarkan Ukuran

Jika digolongkan berdasarkan ukuran, maka memori SD ini dibagi menjadi memori SD card, MiniSD card, dan MicroSD card.

  • SD card merupakan Jenis memori yang memiliki ukuran 24 x 32 mm dan ketebalan 2.1 mm. Kartu memori ini dinamai secure (aman) karena memiliki Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan serta adanya Write-Protect tab yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja.
  • MiniSD yang memiliki ukuran 20 x 21,5 mm dan ketebalan 1,4 mm
  • MicroSD yang memiliki ukuran 11 x 15 mm dan ketebalan 1 mm.
  • Kedua memori ini sangat cocok untuk dipasang di smartphone atau MP3 player. Baik memori miniSD atau pun microSD dapat dihubungkan pada perangkat yang memiliki slot SD, namun diperlukan sebuah adapter untuk menghubungkannya.

 

2.Berdasarkan Kapasitas

  • SDSC

Memori SDSC merupakan singkatan dari Secure Digital Standard Capacity. Memori ini biasanya disebut sebagai SD saja tanpa ada embel-embel SC di belakangnya. Memori jenis ini memiliki kapasitas dari mulai 1 MB hingga 2 GB dengan format FAT16. Namun, tak jarang juga ada SDSC dengan kapasitas mencapai 4GB.

  • SDHC

SDHC (Secure Digital High Capacity) merupakan pengembangan selanjutnya dari memori SD card. Micro SDHC ini diluncurkan pada tahun 2007 dan memiliki kecepatan serta kinerja yang telah ditingkatkan dengan memakai format FAT32. SDHC card memiliki kapasitas mulai dari 4 GB hingga 32 GB. Namun, SDHC ini hanya bisa digunakan untuk perangkat yang compatible dengan format SDHC saja.

  • SDXC 

Kapasitas memori paling besar tentu saja terdapat pada SDXC yang merupakan singkatan dari Secure Digital eXtended Capacity. Memori ini memiliki kapasitas dari mulai 64 GB, dan secara teori kapasitas maksimalnya dapat mencapai 2 TB. Memori jenis ini sendiri baru muncul pada tahun 2009 dan saat ini kapasitas terbesar yang ada di pasaran adalah 256 GB. Memori ini banyak digunakan untuk smartphone karena bisa menampung banyak game dan aplikasi.

 

3.Berdasarkan Kecepatan

Kecepatan sebuah SD card diukur dari seberapa cepat informasi dapat dibaca atau ditulis dalam kartu tersebut. Pada perangkat yang membutuhkan proses menulis data, seperti video recorder, perangkat tersebut mungkin tidak akan bekerja secara maksimal jika memori SD card yang digunakan memiliki kecepatan yang rendah.

Sebagai contoh, sebuah camcorder definisi tinggi memerlukan SD card minimal class 6 agar video yang dihasilkan berkualitas sempurna. Contoh lainnya adalah kamera digital yang menggunakan SD card berkecepatan rendah akan membutuhkan waktu yang agak lama saat mengambil satu foto ke foto lainnya. Untuk melihat Class dari memori SD card sangatlah mudah karena Anda hanya tinggal melihat icon lingkaran yang membentuk huruf C dan di dalamnya ada angka yang menunjukkan Class dari SD card tersebut. Class dari SD card menandakan kecepatan dari SD card tersebut, yang terbagi menjadi 5 jenis:

  • Class 0 tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik
  • Class 2 memiliki kemampuan transfer rate minimum 2 MB/s, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC
  • Class 4 memiliki kemampuan transfer rate minimum 4 MB/s
  • Class 6 memiliki kemampuan transfer rate minimum 6 MB/s
  • Class 10 memiliki transfer rate kemampuan minimum 10 MB/s