Laptop menjadi kebutuhan dasar di era sekarang. Laptop menjadi alat penunjang baik untuk bekerja maupun belajar. Tapi tahukah kalian laptop dapat rusak jika terlalu lama tidak digunakan. Techie akan membagikan tips merawat laptop yang jarang digunakan agar tidak rusak. Yuk simak tipsnya :

  1. Jangan disimpan ditempat yang lembab

    Faktor kelembaban merupakan salah satu penyebab kerusakan terbanyak pada laptop-laptop yang jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, hindari penyimpanan laptop di tempat yang lembab, seperti di atas lemari, di bawah kolong ranjang, atau di tempat yang dekat dengan sumber air.

  2. Lepaskan baterai laptop

    image1

    Cara yang kedua yaitu melepas baterai laptop jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini hanya dapat dilakukan pada laptop-laptop yang belum memiliki baterai tanam. Melepas baterai laptop wajib dilakukan karena dengan melepaskan baterai dari laptop, maka laptop Anda benar-benar tidak akan teraliri arus listrik sehingga bisa mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik . Selain itu, cara ini juga dapat menjaga usia baterai laptop itu sendiri.

  3. Nyalakan laptop sesekali

    Jika laptop sudah jarang digunakan, maka komponen-komponen yang ada di dalamnya akan menjadi dingin. Jika hal tersebut dibiarkan seperti itu, maka komponen-komponen dalam laptop bisa konslet ketika akan dipakai lagi. Dianjurkan untuk sesekali menyalakan laptop meskipun tidak akan digunakan. Jangan lupa untuk mematikan laptop kembali jika tidak ingin rusak.

  4. Usahakan laptop dalam posisi terbuka

    Membuat laptop dalam keadaan terbuka sudah terbukti dapat mengurangi tingkat kerusakan pada keyboard, apalagi jika laptop sudah tidak pernah lagi digunakan. Alternatif lainnya yaitu menempatkan latop dengan keadaan terbuka pada lokasi yang terkena sinar matahari atau kering, jangan di tempat yang lembab.

  5. Isi ulang daya baterai laptop

    Meskipun laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa untuk selalu mengisi daya baterainya. Agar kapasitas baterai laptop tetap terjaga meskipun tidak sedang digunakan, sesekali isi daya baterai untuk mencegah kondisi laptop menjadi lembab. Rutinlah mengisi daya baterai 2-3 minggu sekali.

  6. Bersihkan secara rutin

    image5
    Laptop pun perlu dijaga kebersihannya. Laptop yang dibersihkan secara rutin akan menjaga laptop tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Debu dan kotoran yang menempel pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda ketika akan digunakan kembali.

PemmzHolic juga dapat melakukan pembersihan laptop kalian dengan datang ke Mr.ZetZet dan melakukan servis untuk laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie, atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279