Di era sekarang layar sentuh atau touchscreen sudah tidak lagi didominasi pada perangkat smartphone dan tablet. Laptop pun mulai menggunakan teknologi layar sentuh untuk memberi kemudahan pengoperasian. Biasanya laptop dengan layar sentuh memiliki layar yang lebih cepat kotor dibanding layar laptop tanpa fitur layar sentuh. Penyebab kotornya layar karena bekas sidik jari, dll. Techie akan membagikan tips cara membersihkan layar laptop touchscreen. Yuk simak berikut ini :

1. Gunakan Kain Microfiber

Usapkan kain microfiber ke permukaan layar secara perlahan, maka noda akibat sentuhan tangan dapat hilang dari layar laptop kamu.

2. Pilih Wallpaper Putih/Hitam Selama Membersihkan

Untuk memudahkan Sobat ZetZet ketika membersihkan layar sentuh laptop, ganti wallpaper laptop dengan warna terang atau gelap. Dengan wallpaper terang, kami bisa melihat debu atau kotoran yang menempel pada permukaan layar dengan lebih murah. Wallpaper putih bisa ditampilkan bila kotoran pada layar tergolong berat. Sedangkan kotoran ringan, akan mudah terlihat jika layar gelap.

3. Gosok Perlahan dan Searah

Saat menggosokan kain ke layar, lakukan dengan cara menggosok layar perlahan dan jangan ditekan terlalu keras. Untuk langkah awal, cobalah menggosok layar secara horizontal. Jika diirasa masih kurang bersih, coba dengan menggosok perlahan secara vertical. Setiap menggosok, jangan mengubah haluan, pilih salah satu arah saja.

4. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Bila layar sentuh pada laptop touchsceen masih tampak kotor setelah di lap, artinya kotoran yang menempel cukup berat. Kamu bisa membersihkan dengan tahap yang lebih serius, dengan bantuan air atau cairan pembersih yang khusus untuk membersihkan layar. Karena menggunakan media cair, pastikan untuk mematikan perangkat laptop sebelum memulai proses pembersihan, agar tidak terjadi kesalahan atau konslet. Setelah laptop mati, kamu bisa menyemprotkan air atau cairan pembersih tersebut ke kain microfiber lalu mengusapkannya ke layar. Jangan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke layar laptop. Setelah dirasa bersih, keringkan layar menggunakan kain microfiber yang lain yang kering. Jangan nyalakan laptop dulu hingga layar benar-benar kering.

5. Jangan Gunakan Bahan Kimia

Jangan menggunakan jenis cairan pembersih lainnya. Karena pada umumnya perangkat touchscreen dibekali dengan teknologi Oleophobic yang merupakan lapisan anti minyak/keringat, karena penggunaannya melalui sentuhan jari. Jadi hindari penggunaan bahan kimia dalam membersihkan layar sentuh, selain tidak aman, juga bisa merusak permukaan layar.

6. Gunakan Pelindung Anti Gores

Bila layar sentuh laptop mudah sekali kotor karena sering digunakan, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan pelindung layar anti gores. Ini akan mempermudah ketika layar kotor, karena akan lebih mudah membersihkannya dengan kain microfiber. Selain itu, bila tingkat kotornya sudah tinggi, PemmzHolic tinggal ganti dengan lapisan pelindung yang baru.

 

Untuk merawat laptop kalian, PemmzHolic bisa datang ke PemmzTechie terdekat atau menghubungi kami di WA ke: 085280280100/ 08999999279.