WiFi menjadi hal terpenting di era sekarang dan serba online dan digital ini.  Koneksi internet yang lemot sering membuat menjadi emosi dan menghambat pekerjaan. Techie akan membagikan beberapa tips untuk mempercepat koneksi internet WiFi di laptop dan komputer kalian. Yuk simak apa aja :

1. Letakkan router di tempat yang leluasa

 

Tempat yang direkomendasikan sebagai tempat router WiFi antara lain adalah di tengah ruangan, tidak terhalang objek besar seperti lemari apalagi tembok. Juga sebaiknya letakkan router di atas furnitur, jauh dari lantai. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang leluasa untuk sinyal WiFi agar bisa terpancar ke seluruh arah di dalam ruangan.

2. Arahkan antena router dengan benar

 

Cara untuk meraih kecepatan sinyal WiFi terbaik, disarankan untuk mengarahkan antena router secara perpendicular atau berbentuk huruf L, salah satu antena diarahkan tegak ke atas, dengan antena yang satu lagi mengarah secara horizontal.

3. Perhatikan teknologi WiFi yang kamu gunakan

Semua router dan laptop dapat memancarkan serta menangkap sinyal WiFi dengan bantuan adapter wireless yang kini tersedia dalam 5 pilihan:

Tipe adapter wireless Tahun dibuat Kecepatan
Wireless-B (802.11b) 1999 11 Mbps
Wireless-A (802.11a) 1999 54 Mbps
Wireless-G (802.11g) 2002 54 Mbps
Wireless-N (802.11n) 2007 72 – 600 Mbps
Wireless-AC (802.11ac) 2013 433 Mbps – 1.4 Gbps

Berdasarkan tabel di atas, sangat direkomendasikan untuk menggunakan router dan/atau laptop dengan komponen WiFi minimal dengan teknologi Wireless-N (802.11n) atau yang terbaru, Wireless-AC (802.11ac) yang tercepat saat ini.

Untuk mengetahui teknologi adapter wireless yang digunakan oleh router atau laptop kamu, kamu bisa cek buku manual yang ada di paket pembelian router dan laptop.

4. Gunakan WiFi adapter

 

Trik ini dikhususkan untuk kamu yang menggunakan laptop atau komputer yang tidak memiliki adapter WiFi, atau memiliki adapter WiFi yang sudah ketinggalan zaman.

5. Gunakan wireless range extender

 

Kadang kala kamu akan mendapati koneksi yang lamban di beberapa lokasi rumah, khususnya yang bertempat di pojok dan/atau terhalang banyak objek. Tempat yang terpencil dan terhalang banyak benda akan membuat sinyal WiFi sulit menggapai perangkat yang kamu gunakan. Untuk itu, kamu membutuhkan perangkat bernama wireless range extender. Peranti ini memiliki fungsi untuk memperpanjang koneksi WiFi ke kamar atau lokasi yang terletak jauh dari router.

Kalau laptop kalian juga bermasalah untuk connect ke WiFi, kalian bisa membawa laptop kalian untuk diservis di PemmzTechie atau hubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.