Banyak dari PemmzHolic suka mengatur laptop dalam mode sleep ataupun hibernate. Tahukah kalian mode tersebut memiliki perbedaan yang tipis. Sebelum membahas perbedaan yang ada, yuk simak apa sleep mode dan hibernate mode.

Sleep mode dapat ditemukan pada pengaturan Power di Sistem Operasi. Mode ini akan aktif jika komputer atau laptop sudah lama tidak digunakan atau tidak ada aktifitas yang terjadi. Ketika mode Sleep aktif, komputer akan menggunakan daya yang paling rendah. Power akan dipotong dari semua komponen komputer; layar, hardisk, port dan semua peripheral yang terpasang dan akan tetap dialirkan ke RAM. Hal ini diesebabkan karena semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer tetap disimpan pada RAM. Tetapi jika Power terputus dari RAM, maka semua aktifitas di komputer kamu akan hilang.

Hibernate mode menyimpan semua aktifitas pada Hardisk. Selain itu semua daya juga dipotong dari komponen komputer; RAM, layar, hardisk, port dan semua peripheral yang terpasang. Menyebabkan resiko kehilangan data saat tidak ada Power akan lebih sedikit, karena sebelumnya data sudah disimpan di Hardisk. Prosess booting pada hibernate mode akan lebih lama daripada mode Sleep atau Shutdown.

Perbedaan kedua mode yang sangat tipis antara hibernate dan sleep mode. Sleep mode bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin kembali mengerjakan tugas dengan cepat. Lebih baik sleep mode digunakan dengan laptop karena adanya baterai yang menunjang power. Sedangkan Mode Hibernate lebih aman digunakan untuk komputer, karena ketika kehilangan power maka data akan tersimpan dengan aman.

PemmzHolic juga dapat memperbaiki laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.