Apakah Windows dari PemmzHolic sering tiba-tiba crash? Ternyata Windows yang sering tiba-tiba crash disebabkan oleh beberapa hal. Techie akan membagikan apa saja yang menyebabkan Windows menjadi crash. Yuk simak apa saja penyebabnya :

1. RAM atau Motherboard bermasalah

Masalah pada RAM (Random Access Memory) ditandai dengan pesan “Fatal Exception Error”. Ini berarti ada kerusakan pada satu, salah satu, atau beberapa stik RAM yang tertanam pada motherboard, atau bisa juga slot RAM kotor sehingga sering mati-nyala.

2. Driver bermasalah

Driver adalah software yang fungsinya untuk melakukan sinkronisasi antara perangkat fisik dengan Windows sehingga hardware bisa terdeteksi dan berjalan dengan lancar seperti yang seharusnya. Driver yang bermasalah ini menyebabkan kesalahan saat mendeteksi hardware yang terpasang, sehingga terkadang akan timbul crash, freeze, atau muncul BSOD.

3. Hard disk bermasalah

Hard disk yang error biasanya ditandai dengan sistem yang sering mengalami freeze alias tidak responsif, tapi tidak BSOD juga, dan saat membuka File Exporer akan sangat lama, terutama pada drive yang menggunakan Harddisk tersebut.

4. Overheat atau Kepanasan

Masalah overheat atau kepanasan ini bisa dikarenakan berbagai macam faktor. Seperti: ruang dalam PC Anda terlalu berdebu, ventilasinya buruk, kipas pendingin mati, kipas processor mati, waktu mengganti thermal paste, debu, dan kotoran.

5. Infeksi Malware

Virus atau Malware biasanya bekerja di belakang layar, misalnya membuat duplikat file terus menerus, mencoba mengakses internet atau aplikasi tanpa henti, yang menyebabkan beban kinerja PC atau laptop menjadi sangat berat dan akhirnya menyebabkan crash.

6. Kesalahan Registry

Disebabkan karena terlalu banyak software yang diinstall atau uninstall, dan beberapa dilakukan dengan tidak sempurna sehingga registry menjadi “berantakan.”

7. Konflik pada Software

Disebabkan oleh pemrograman software yang tidak sempurna, atau instalasi tidak sempurna.

8. PSU bermasalah

Crash pada Windows juga bisa dikarenakan asupan daya listrik yang disalurkan oleh Power Supply (PSU) kurang memadai, atau tegangan yang naik-turun.

9. Versi Windows sudah Tidak didukung

Bisa disebabkan oleh versi OS Windows yang sudah terlalu jadul dan tidak didukung lagi oleh Microsoft ataupun oleh driver terbaru.

 

Nah itu dia hal-hal yang menyebabkan Windows sering crash. PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan pada laptop kalian dengan datang ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.