Kondisi Windows 10 yang semakin lemot pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa lagi laptop sudah menjadi kebutuhan utama aktivitas sehari-hari. Tenang aja, Techie akan membagikan tips untuk mencegah terjadinya lemot di laptop kamu. Yuk simak tipsnya :

1. Matikan program Startup

windows startup

Program startup adalah program yang akan berjalan secara otomatis ketika sistem Windows 10 dinyalakan. Seiring berjalannya waktu, jumlah program yang diinstal di Windows 10 akan semakin banyak. Bisa menyebabkan bertambahnya beban sistem sebab penambahan program startup yang langsung mengonsumsi sumber daya komputasi ketika baru menyala atau ketika di-restart. Kamu bisa mengurangi jumlah program startup dengan mengunjungi Task Manager (CTRL + SHIFT + ESC), dan kunjungi tab Startup.

2. Kurangi plug-in di Windows Explorer

right click menu

Ada banyak program yang “mengaitkan” fungsi ke konteks menu Windows Explorer, beberapa yang populer digunakan antara lain adalah Zip, WinRar, program-program antivirus, dan lain sebagainya. Program ini akan muncul ketika kamu menekan klik kanan pada mouse, yang berujung pada semakin banyaknya konteks menu. Plug-in Windows Explorer ini perlahan dapat membebani sistem dan RAM, maka dari itu disarankan untuk menonaktifkannya di tahap instalasi program terkait.

3. Hindari program “PC Cleaner”, “RAM Booster”, dan sejenisnya

pc cleaner app
Sebisa mungkin jangan gunakan program pembersih PC. Foto: howtogeek.com

Banyak program pembersih PC yang justru malah membebani sistem dan RAM, alih-alih membuat sistem Windows 10 kamu lebih kencang beroperasi. Hal ini dikarenakan program dengan fungsi “pembersih PC” ini secara konstan beroperasi di latar belakang dan mengonsumsi sumber daya sistem Windows 10 kamu.

4. Bersihkan cache dan junk files secara berkala

windows

Semakin lama kamu menggunakan komputer  tanpa merawat sistem, maka berkas sampah yang terdiri dari junk, cache, dan cookies bisa mengonsumsi ruang hard drive secara signifikan. Berkas-berkas ini biasanya hasil dari streaming konten audio dan video melalui peramban, yang disimpan di folder Program Files atau Users yang awalnya bertujuan untuk mengurangi waktu memuat laman web ketika dikunjungi di kemudian hari.

5. Gunakan ekstensi peramban seperlunya

chrome extension

Ekstensi peramban memang bisa memberi fungsi ekstra dan mempermudah produktivitas harian, namun jika kamu menggunakan terlalu banyak ekstensi jelas akan membebani sistem Windows 10. Cara mengatasi hal ini cukup sederhana, yaitu dengan mengurangi jumlah ekstensi yang sudah tidak kamu butuhkan lagi.

PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan pada gadget dan komputer kalian dengan membawa gadget ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.