Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Di sinilah banyak komponen penting lain dari computer disatukan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Ketika motherboard error, maka semua komponen akan ikut mati. Nah ternyata banyak penyebab motherboard rusak. Yuk simak apa saja penyebabnya :

1. Penuaan baterai

Baterai CMO yang menyimpan informasi konfigurasi memiliki masa pakai selama lima sampai enam tahun sebelum perlu diganti.

2. Kapasitor yang sudah usang

kapasitor penyebab dan ciri ciri motherboard rusak

Semua motherboard menggunakan kapasitor untuk berbagai tujuan yang berbeda. Pada motherboard murah model lama biasanya akan menggunakan model kapasitor elektrolitik.

3. Pelepasan listrik statis

Motherboard diisi dengan sirkuit terpadu. Model sirkuit ini biasanya sangat handal, namun akan gagal secara serempak jika dihantam oleh debit elektrostatik.

4. Overheat

Panas yang berlebihan atau overheat akan menyebabkan sirkuit terpadu mati, mempercepat kematian kapasitor elektrolitik, dan akan menyebabkan kegagalan motor mekanik (kipas dan hardrive).

5. Debu dan kotoran yang menumpuk

Semakin jarang dibersihkan maka kotoran ini akan menyelimuti komponen dan menjebak panas di dalamnya. Dalam kondisi yang ekstrim kotoran bisa menyebabkan kipas berhenti bekerja dan menyebabkan panas berlebihan pada bagian dalam komputer Anda yang bisa menyebabkan kerusakan.

6. Sambungan yang salah atau tidak terpasang dengan pas

Jika ada kabel-kabel yang terhubung di tempat yang salah atau hanya terhubung sebagian (tidak pas), maka bisa menyebabkan terjadinya sirkuit pendek yang dapat membakar motherboard.

7. Pemasangan memori, VGA, CPU, dan perangkat lain yang tidak tepat.

Apabila pemasangan modul ke konektor tidak pas maka hal ini bisa menyebabkan sirkut pendek yang menyebabkan korslet atau lebih parah lagi menyebabkan komponen terbakar.

8. Kecerobohan

Adanya sekrup yang tertinggal, kabel yang belum terhubung dan kesalahan pemula lainnya. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya sirkuit pendek yang bisa menyebabkan kerusakan pada motherboard.

Itu dia yang menyebabkan motherboard rusak. PemmzHolic juga dapat mengatasi permasalahan seperti motherboard rusak dengan membawa laptop atau PC kalian ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279