Smartphone merupakan salah satu gadget yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Smartphone sering digunakan baik untuk browsing, berkomunikasi dengan orang lain, dll. Jika smartphone terkena air, maka berpotensi merusak smartphone tersebut. Techie akan membagikan tips yang harus dilakukan jika smartphone terkena air. Yuk simak tipsnya :

1. Evakuasi smartphone dari air

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah mengevakuasi smartphone dari air. Jika smartphone terkena air dalam keadaan sedang di-charge, sebaiknya lepaskan dulu charger.

2. Jangan nyalakan smartphone untuk sementara waktu

Jangan langsung menyalakan smartphone. Jika menyalakan smartphone dalam keadaan basah dapat menimbulkan arus pendek dan merusak komponen di dalamnya.

3. Lepaskan SIM card dan memory card

Melepaskan SIM card dan memory card perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lebih lanjut.

4. Keringkan handphone

PemmzHolic bisa menggunakan mesin kompressor udara atau penghisap udara. PemmzHolic juga bisa menjemur handphone kamu di bawah sinar matahari selama beberapa saat. Namun pastikan bahwa layarnya membelakangi matahari, sebab layar bisa rusak bila terkena cahaya matahari langsung. Selain itu PemmzHolic juga dapat menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner untuk mengeringkan smartphone. Tapi jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat dengan smartphone, karena vacuum cleaner dapat menghasilkan listrik statis yang bahkan bisa lebih berbahaya daripada air.

5. Merendam ke dalam beras

Beras bersifat kering dan mudah menyerap air, sehingga air yang ada di dalam smartphone akan hilang dengan sendirinya.

Caranya :

  • Ambil satu kantong plastik beras lalu letakan handphone, baterai, SIM card, memory card, dan komponen lainnya yang sudah dilepas ke dalam beras sehingga air-air yang masih tersisa di dalam handphone dapat diserap oleh butiran-butiran beras tersebut. Disarankan, merendam smartphone sekitar 2-3 hari.

6. Menyimpannya di dalam tumpukan silika gel

Pertolongan lain saat smartphone terkena air selain dengan beras adalah dengan menyimpannya di dalam tumpukan silika gel.

Caranya :

  • Segera lepas semua bagian smartphone yang bisa dilepas
  • Masukan ke dalam tumpukan silika gel
  • Beras dan silika gel sama-sama dapat membantu mengeringkan smartphone.

7. Jangan gunakan hair dryer

Jangan pernah gunakan hair dryer untuk mengeringkan handphone. Karena udara panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat merusak komponen-komponen di dalam smartphone.

Nah itu dia tips yang harus dilakukan jika smartphone terkena air. Jika PemmzHolic memiliki permasalahan dengan gadget kalian, kalian bisa membawanya ke PemmzTechie atau menghubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.