RAM adalah singkatan dari Random-Access Memory. Kegunaan dari RAM adalah untuk mempercepat proses data yang ada dalam perangkat. RAM hadir dengan banyak varian, mulai dari  DDR, DDR2, DDR3 hingga DDR4. Terdapat varian khusus untuk tipe DDR3 dan DDR4, yaitu varian DDR3L dan DDR4L. Maksud dari seri L yang membawa penamaan tambahan tersebut adalah jenis tegangan default yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan seri DDR3 atau DDR4 standar.

Jika memori DDR3 memiliki tegangan voltase dasar sebesar 1.5V, maka seri DDR3L memiliki tingkat voltase yang jauh lebih rendah hingga 1.35V. Hal ini juga berlaku untuk seri DDR4L yang dapat bekerja hingga 1.2V jika dibandingkan dengan seri standar. Tetapi tipe memori L series masih bisa bekerja untuk perangkat yang memiliki dukungan memori standar, baik antara DDR3 ataupun DDR4. hanya saja dapat bekerja pada perangkat yang mendukung tipe memori L series biasanya tidak mendukung tipe memori DDR3 atau DDR4 standar.

Oleh karena itu PemmzHolic harus memperhatikan jenis RAM kalian, apakah DDR3 atau DDR3L atau DDR4 atau DDR4L, agar proses penambahan RAM dapat didukung dengan RAM yang sesuai dengan laptop atau PC kalian.

PemmzHolic juga dapat mengupdate RAM kalian dengan datang ke PemmzTechie  atau hubungi kami di WA : 085280280100/ 08999999279.