Jaringan WiFi sudah menjadi bagian terpenting untuk konektivitas internet demi melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari, laptop saat ini sudah memiliki fitur konektifitas nirkabel.

Tetapi terkadang fitur tersebut tidak bisa digunakan atau terdapat kesalahan sehingga laptop tidak bisa mendeteksi signal wi-fi.  Ada yang tidak bisa mendeteksi jaringan di sekitar, dan ada juga yang WiFi-nya tidak mau menyala. Penyebabnya pun bervariasi, mulai dari masalah yang ringan, sampai dengan masalah yang sangat serius.

Jika kamu mengalami permasalahan ini dimana laptop kamu tidak mendeteksi signal wi-fi tetapi perangkat lain seperti handphone bisa mendeteksi, Artikel ini bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut.

1. WiFi yang belum dinyalakan

Hal ini biasanya terjadi karena kamu lupa untuk menekan tombol yang mengaktifkan wireless adapter pada laptop. Selain itu, masalah ini bisa juga dikarenakan wireless adapter dinonaktifkan pada control panel. Jadi, pastikan bahwa tombol WiFi kamu sudah dinyalakan.

2. Driver tidak bekerja dengan maksimal

Untuk bisa mendeteksi WiFi, laptop menggunakan wireless adapter, dan agar wireless adapter bisa bekerja maksimal, maka sistem operasi membutuhkan sebuah driver. Jika driver nya rusak atau corrupt atau bahkan belum terinstal sama sekali, maka wireless adapter tidak akan bisa mendeteksi sinyal WiFi. Untuk memperbaiki wireless driver cara paling cepat adalah dengan mengunduh driverpack solution.

3. Laptop terkena virus

Virus bisa menjadi salah satu mengapa laptop kamu tidak bekerja optimal, untuk menghapus virus yang menyebabkan laptop tidak bisa mendeteksi signal WiFi pada windows 10, kamu bisa menggunakan windows defender. Jika WiFi tidak terdeteksi di laptop windows 7 dikarenakan virus, bisa menggunakan antivirus lain seperti, AVG, Avast dan McAfee.

4. Kerusakan pada wireless network adapter

Penyebab terakhir laptop kalian tidak bisa mendeteksi wifi adalah karena network adapter nya rusak nih guys! Wireless Network Adapter adalah sebuah hardware atau perangkat keras yang terdapat didalam laptop kalian. 

Nah itu dia penyebab-penyebab kenapa laptop kamu nggak bisa mendeteksi signal wi-fi. Semoga penjelasan ataupun informasi diatas dapat membantu permasalahan kalian ya.