Baterai laptop kamu cepat habis? Bingung kan pastinya untuk kamu yang punya masalah ini, apalagi ketika laptop kamu itu baru. Mau ngerjain tugas atau apapun jadi harus siap sedia charger terus kan.

Kali ini Pemmztechie akan membahas faktor-faktor apa ajasih yang membuat baterai laptop kamu cepat habis? Kalau belum tau ini dia alasan kenapa baterai laptop cepat habis!

  1. Laptop sering digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berat
  2. Laptop Overheat karena pemakaian yang berlebihan
  3. Menggunakan laptop terlalu lama
  4. Menggunakan laptop ketika dalam keadaan di charge

Itu dia penyebab-penyebab umum kenapa baterai laptop kamu cepat habis, nah pembahasan dibawah ini akan membahas mengenai Bagaimana sih cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis kamu dapat teratasi.

  1. Mengisi penuh baterai laptop

sebelum menggunakan laptop, ada baiknya kamu isi dahulu daya baterai kamu hingga 100%. Jika baterai sudah penuh, istirahatkan sebentar baru kamu pakai untuk mengerjakan hal.

  1. Mengatur daya baterai

Aturlah opsi daya baterai di laptop kamu dengan klik tanda baterai pada pojok kanan bawah, dan aktifkan ke mode balance, selanjutnya atur Turn off the display pada baterai menjadi Never juga atur Put the computer to sleep menjadi Never.

  1. Menyiapkan Hibernate & Opsi Low Battery

Kemudian lakukan konfigurasi pilihan Hibernate dengan cara Power Optios > Change Plan Settings > Advance Settings > Battery > Set it to hibernate. Selanjutnya atur Low battery level 5%.

  1. Biarkan baterai habis dengan sendirinya

Biarkan baterai laptop kamu menyala dan habis dengan sendirinya. Lalu, isi kembali daya baterai kamu hingga penuh kembali. Patikan kamu tidak memakai laptop selama proses kalibrasi berjalan. Setelah selesai, kembalikan power plan pada pilihan semula.

  1. Install Smarter Battery

Download aplikasi smarter battery. Karena aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau beterai untuk laptop yang ditujukan untuk memberi semua data baterai. Aplikasi ini juga mampu memperpanjang dan menghemat baterai kamu.

Demikian artikel Pemmztechie kali ini. Semoga bermanfaat untuk kamu ya!