Jakarta – Sebagai pengguna laptop tentunya kita sangat terbantu sekali dengan adanya teknologi ini, tetapi dengan menggunakan laptop tentunya kita harus menjaga dari masalah-masalah kerusakan yang bisa timbul.

Walaupun sudah menjaga dengan baik, ada saja hal-hal yang tidak terduga terjadi, seperti keyboard yang terkena tumpahan air, kopi, teh dan sebagainya. Nah disini yang menjadi permasalahan adalah jika terkena tumpahan kopi bisa meninggalkan residu yang lengket karena minuman yang bersifat korosif.

Hal-hal yang bisa ditimbulkan dari hal tersebut adalah munculnya hubungan arus pendek sehingga mempercepat matinya laptop dan proses korosi pada komponen laptop.

Tapi tenang karena Pemmztechie akan membahas mengenai cara-cara mengatasi jika keyboard kamu terkena tumpahan kopi, yuk disimak penjelasannya:

1. Matikan sumber aluran listrik

Ketika laptop kamu tersiram kopi, hal yang paling penting adalah segera mencabut atau mematikan aliran listrik di laptop kamu. Seperti mencabut semua kabel seperti mouse, flashdisk.

2. Keringkan Laptop yang basah

Hal yang selanjutnya harus dilakukan ketika terkena tumpahan kopi adalah, mengeringkan bagian-bagian yang basah dengan lap supaya laptop kering sepenuhnya. Jangan menghidupkan laptop kamu ketika laptop belum benar-benar kering untuk menghindari kerusakan fatal pada laptop.

3.Rendam Laptop dengan Beras

Para Ahli merekomendasikan untuk menaruh laptop direndaman beras dengan tujuan beras dapat menyerap air pada permukaan laptop, tetapi jika tumpahan nya dari air bersih dan sedikit maka cukup untuk membersihkan dengan menggunakan air bersih atau alcohol dengan sikat gigi lembut pada bagian komponen internal nya.

Demikian Tips-Tips yang bisa Pemmztechie berikan untuk kalian ya! Semoga tips ini membantu kalian ya. Jangan lupa untuk menjaga dan merawat laptop kalian supaya hal-hal seperti ini tidak terjadi di kalian.