Laptop memiliki banyak sekali komponen-komponen yang penting didalamnya, jika terdapat permasalahan pada komponen laptop bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal, salah satu komponen yang paling penting adalah layar atau LCD. Komponen tersebut pentiing karena menjadi bagian sistem output dari sistem yang begitu rumit menjadi sistem yang simpel.

Dengan hal ini kita harus memperhatikan kondisi laptop agar kinerja laptop tetap maksimal dan tidak ada gejala kerusakan. Karena ketika LCD laptop rusak sudah pasti laptop akan tidak bisa digunakan serta harus di servis.

Sebelum kamu mengalami gejala-gejala kerusakan pada laptop mu dan supaya bisa mencegah kerusakan pada LCD Pemmztechie akan membahas mengenai ciri-ciri LCD laptop rusak.

Disimak yuk sahabat Techie penjelasan tentang tanda-tanda kerusakan LCD laptop!

1.Layar Bergoyang

Layar bergoyang adalah kondisi dimana LCD menampilkan garis yang sangat banyak ataupun kondisi layar menampilkan tampilan abstrak dan diikuti dengan tampilan yang bergetar. Untuk kasus yang satu ini biasanya terjadi karena layar yang sering dibuka tutup.

2.Terdapat Goomy

Tanda ini biasanya tidak terlalu terlihat, karena biasanya Goomy terlihat pada sudut layar yang berbeda. Goomy adalah bercak putih yang terdapat pada layar, bercak putih ini terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan bagian LCD lainnya.

3.LCD Bergaris

Berikutnya ditandai dengan garis yang biasanya vertical dan adapula yang horizontal yang mudah terlihat. Apabila permasalahan ini tidak segera diatasi akan menjadi kerusakan yang permanen dan semakin bertambah lagi hingga menjadi banyak.

4.Terdapat Artifact pada tampilan LCD

Kerusakan ini ditandai ketika tampilan pada layar berbentuk kotak-kotak ataupun huruf pada karakter tertentu yang muncul dan memenuhi seluruh tampilan pada layar. Untuk kerusakan ini kamu harus melakukan pengecekan kepada beberapa komponen seperti LCD, kabel ataupun bagian VGA nya.

5. LCD Blank

ini adalah kerusakan yang parah dan paling sering dialami pengguna laptop, yang dimana LCD tidak menampilkan aktifitas ataupun tampilan apapun. Yang tampil adalah warna hitam dan putih, penyebab nya bisa jadi dari kabel flexi tidak terhubung dengan sempurna atau bisa juga karena VGA yang rusak.

Nah itu dia merupakan gejala-gejala pada kerusakan LCD Laptop dari paling ringan hingga paling parah, oleh karena itu kalian harus mulai untuk menjaga laptop untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang fatal.

Tapi jangan khawatir, kalian bisa langsung membawa laptop kalian ke Pemmztechie supaya bisa di cek oleh Ahli Service kami yang Tersedia di Tanjung Duren, Jakarta Barat dan Haji Nawi, Jakarta Selatan.