Jenis-jenis Port pada laptop tentunya beragam, setiap port memiliki fungsi masing-masing. USB Port adalah yang paling sering ada disebuah laptop yang berguna untuk menghubungkan perangkat keras laptop yang tersedia secara eksternal.

USB Port sendiri memiliki beberapa kelebihan, seperti kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang menggunakan port lainnya. Karena kelebihannya, USB Port ini tidak hanya digunakan untuk transfer file ke media penyimpanan eksternal, tapi USB Port sudah digunakan untuk hal lainnya, dari charge handphone, sharing koneksi internet hingga pengganti port audio dan video pada laptop.

Kali ini Pemmztechie akan membahas kenapa port USB kamu bisa tidak terdeteksi di laptop. Ini dia pembahasannya:

1.Cek Kondisi USB

Cek kondisi port USB di laptop kamu, apakah terdapat debu didalam port nya dan pastikan untuk mematikan laptop kamu ketika membersihkan port USB. Jika tidak ada masalah cek kondisi USB kamu apakah USB kamu yang tidak berfungsi dengan seharusnya.

2. Cabut USB dan Coba Kembali

Jika tidak bisa mendeteksi perangkat di port USB ketika perangkat sudah terhubung maka coba gunakan cara ini. Masalah ini terjadi karena posisi lapisan tembaga pada konektor male dan female tidak terhubung langsung. Hal tersebut terjadi karena lampisan tembaga yang kotor atau pun port USB yang sudah longgar.

3. Uninstall Driver Perangkat USB

Uninstall lalu install kembali tujuannya untuk menghilangkan driver USB yang corrupt pada laptop. Cara ini biasanya efektif untuk perangkat USB kamu terbaca oleh laptop.

4. Restart Laptop

Restart laptop kamu, dan jangan lepaskan perangkat USB ketika proses restart dilakukan. Dengan tujuan agar ketika laptop anda selesai booting up, windows secara otomatis mendeteksi perangkat-perangkat yang terhubung, termasuk USB.

5. Hubungkan langsung ke laptop

Hubungkan perangkat USB ke laptop. Penggunaan USB memang efektif untuk mengatasi kurangnya port USB pada laptop. Tetapi terkadang perangkat USB yang terhubung ke USB hubmalah tidak terbaca oleh computer atau laptop. Jadi hubungkan langsung perangkat USB ke laptop melalui port.

Sekian Tips-Tips atau cara mengatasi USB yang tidak terdeteksi laptop. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya.