Laptop ataupun PC diharuskan untuk menginstall sebuah sistem operasi, karena sistem operasi yang akan membuat laptop bisa dioperasikan. Dengan artian jika tidak diinstall sistem operasi maka sudah jelas tidak dapat digunakan dan hanya menampilkan sebuah reks warna hitam pada layar.

Tapi kenapa ya jika sudah install sistem operasi harus kita install ulang kembali? Guna nya untuk apa ya? Kali ini pemmztechie akan membahas mengenai kegunaan manfaat install ulang laptop atau PC kalian! Yuk disimak ya penjelasannya!

  1. Memperbarui OS

Tahukah kamu bahwa laptop yang sudah lama tidak diinstal ulang akan mengalami kerusakan pada sistem operasinya? Hal tersebut terjadi karena virus yang membuat crash dan hilangnya file-file sistem operasi.

Jika kamu memiliki pengalaman laptop menjadi lambat, error, maka dengan menginstall ulang bisa membuat sistem yang bermasalah diperbarui menjadi sistem yang bagus.

  1. Menghilangkan Virus

Virus pastinya bukan permasalahan baru untuk laptop atau PC. Seringkali virus menyerang sistem operasi PC ataupun Laptop dan mengacak sistem operasi tersebut. Yang bisa mengakibatkan laptop tidak bekerja dengan optimal dan tidak bisa membuka aplikasi.

Menginstall ulang laptop menghindari virus menyerang sistem operasi dan membersihkan virus yang ada di Drive C.

  1. Sistem Operasi Sesuai

Laptop memiliki perbedaan dalam hal kecocokan dengan sistem operasi. Misalnya laptop cocok di Windows 7 tetapi tidak cocok untuk windows 10. Install ulang laptop diperlukan karena manfaat nya yang juga untuk memberikan sistem operasi yang sesuai.

  1. Mempercepat Kinerja

Jika kamu menemukan laptop menjadi lambat bekerja, maka ada dua kemungkinan yang terjadi yaitu karena sistem yang bermasalah atau perangkat keras yang rusak. Jika karena sistem yang bermasalah maka kamu harus menginstall ulang sustem operasinya agar laptop menjadi bekerja cepat.

Tidak perlu terlalu sering untuk menginstall laptop, karena jika harddisk bermasalah, bisa menyebabkan harddisk menjadi rusak. Jika tidak ada masalah pada sistem operasi maka tidak perlu install ulang.

Sekian Artikel dari Pemmztechie! Dan Terimakasih sudah menyimak artikel ini.