Halo sahabat Techie!

Kalau kamu lagi mau cari laptop ataupun merakit PC apasih yang kamu lihat aspek nya?

VGA? Prosesor core? Cocok untuk kebutuhan kamu?

Tetapi kali ini Pemmztechie akan menjelaskan mengenai HDD dan SSD pada laptop, karena hal ini sering kali terlewat untuk kamu yang sedang mencari laptop. Sehingga kamu bisa mengetahui HDD dan SSD sebelum memutuskan untuk membeli laptop.

HDD adalah sesuatu untuk menyimpan sistem operasi, software, dan data yang berbentuk file. HDD sendiri memiliki platter yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Platter itu sendiri berputar pada HDD membaca data yang lewat. Dengan kata lain jika rotasi platter cepat maka semakin cepat juga HDD dan mempengaruhi respons OS dan kescepatan dalam membuka software.

Sedangkan SSD tidak memiliki platter. SSD sendiri adalah memori flash Negative-AND (NAND), tidak semua laptop memiliki SSD. Semakin banyak chip NAND pada SSD, maka semakin besar kapasitas penyimpanan SSD nya.

Chip NAND pada SSD sudah lebih canggih sehingga hal tersebut sudah lebih banyak dibanding generasi sebelumnya dan membuat performa SSD mengungguli HDD.

SSD dilengkapi dengan port SATA 3, tetapi karena adanya throughput data maksimum SATA 3 yaitu 600 MB/s. potensi SSD bisa terhalang. Jika kamu memiliki koneksi SATA 3 pada SSD mu kemungkingan kamu mengalami permasalahan potensi yang tertahan.

Jika kamu menginginkan untuk mempunyai potensi super cepat SSD, kamu bisa memilih SSD dengan port selain SATA 3.

Kamu bisa memilih SSD dengan port PCI-express, karena PCIe tersambung lewat jalurnya sendiri pada motherboard sehingga kecepatan throughput meningkat. Tetapi jika jalur pada motherboard sudah dipakai untuk komponen lain, maka hal ini juga bisa menghambat potensi SSD.

Form factor yang populer untuk SSD itu M.2. Laptop dan PC saat ini menggunakan koneksi M.2 untuk SSD, karena memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan SSD lain, sehingga mudah dipasang dan tidak mempengaruhi komponen lain.

Terdapat juga Non-Volatile Memory Express (NVMe) yang memiliki transfer data yang tidak kalah cepat dibandingkan kedua koneksi SSD.

Itu dia perbedaan mengenai SSD dan HDD yang bisa Pemmztechie berikan informasi nya. Semoga sekarang kamu mengetahui ya apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop.