Seiring berjalan nya waktu performa baterai laptop semakin menurun, penyebab nya pun sangat beragam atas permasalahan tersebut, baik karena kamu yang kurang merawat baterai laptop dengan baik dan benar ataupun karena umur laptop kamu yang sudah lama.

Karena jika baterai laptop rusak, biayanya pun tidak murah. Jika baterai rusak atau bocor pun bisa merambat ke komponen lainnya, sehingga ada kemungkinan membuat komponen lain rusak.

Kali ini Pemmztechie akan memberikan beberapa tips untuk membuat baterai laptop menjadi awet, berikut tips nya.

  1. Mencabut Charger Ketika Baterai Sudah Penuh

Penyebab yang pertama adalah kebiasaan lupa untuk mencabut charger, ketika baterai sudah full sehingga menyebabkan baterai laptop menjadi bocor. Karena dengan kebiasaan tersebut kamu membiarkan arus listrik terus mengalir pada baterai dan menyebabkan komponen lain rusak.

  1. Hindari laptop mati total karena baterai habis

Seringkali ketika sedang bekerja atau sekedar bermain game, menonton televisi kita lupa untuk mencharger laptop, sampai di angka 0%, ternyata hal tersebut justru dapat mengakibatkan kerusakan fatal.

Kenapa bisa menyebabkan kerusakan? Karena jika laptop tiba-tiba mati dapat mengakibatkan komponen dalam baterai menjadi cepat rusak. Solusi nya adalah kamu harus mengisi baterai sebelum mencapai angka dibawah 20%.

  1. Jangan Mengisi Daya Baterai saat Masih Cukup Penuh

Saat ini baterai menggunakan tipe baterai Lithium ion yang kualitasnya bertahan pada 400 hingga 600 kali isi ulang. Sehingga ketika sudah melampaui angka tersebut akan terjadi penurunan kualitas baterai. Solusi nya adalah jangan sampai kamu mengisi daya baterai ketika baterai laptop masih setengah ataupun speremoat, lebih baik setidaknya 20% saat ingin mengisi ulang daya laptop kamu.

  1. Jangan Menggunakan Laptop Saat di Charge

Mungkin kamu sering melakukan hal ini dimana memainkan laptop sambil mengisi daya baterai laptop. Hal tersebut bisa menyebabkan baterai laptop kamu cepat rusak bahkan bocor. Jadi sebisa mungkin untuk menghindari membuka software yang memerlukan sumber daya besar saat sedang mengisi daya. Solusi terbaiknya adalah untuk mengisi daya laptop saat kondisi laptop dimatikan karena bisa mempercepat pengisian, menjaga suhu dan mencegah penurunan kualitas dari baterai laptop kamu.

  1. Perhatikan suhu laptop

Jangan biarkan laptop berada pada suhu ekstrim, seperti terlalu panas ataupun dingin. Laptop sendiri mempunyai sirkulasi dibagian bawahnya dan setiap kali laptop beroperasi akan mengeluarkan udara yang panas dari prosesor.

Itu dia tips-tips agar baterai laptop kamu awet dan tidak cepat rusak. Dengan artikel ini kamu menjadi mengetahui nih apasih yang harus kamu lakukan dan hindari ketika mengisi daya laptop.