Terdapat komponen internal laptop yang mudah mengalami kerusakan, yaitu hard disk. Kerusakan yang paling parah dari hard disk adalah hilangnya data. Bad sector dinamakan jika terdapat satu sector dalam hard disk yang mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut menyebabkan sector tidak merespon perintah read or write dari laptop ataupun komputer. Hal ini dapat terjadi pada hard disk jenis magnetis ataupun pada jenis solid-state drives yang disebabkan oleh kerusakan fisik ataupun kerusakan software. Jika terjadi akibat kerusakan fisik maka tidak bisa diperbaiki sedangkan kerusakan software masih bisa diperbaiki.

Terdapat dua jenis bad sector yang terjadi pada hardisk yaitu physical yang disebut hard bad sector dan logical yang disebut soft bad sector.

Hard bad sector adalah kumpulan sector hard disk yang mengalami kerusakan fisik, disebabkan karena head dari hard disk menyentuh sector tersebut dan merusaknya, atau karena ada debu yang masuk, haard disk yang terjatuh, dan masalah fisik, dan tentunya jika kamu mengalami hal ini maka tidak ada kemungkinan untuk memperbaiki nya.

Soft bad sector adalah kumpulan sector hard disk yang tidak berfungsi dengan baik. Biasanya juga terjadi karena adanya software yang mengalami error atau masalah di sistem operasi.

Hard bad sector berkaitan dengan permasalahan fisik dan soft bad sector biasanya berhubungan dengan permasalahan perangkat lunak. Sebagai contoh, jika komputer Anda tiba-tiba mati karena terputusnya arus listrik, maka hard disk bisa saja mengalami kerusakan apabila sedang dalam proses menulis.

Bad sector sendiri disebabkan karena faktor yang beragam, dimulai dari hard disk yang pernah terjatuh sehingga head menyentuh platter dan merusak beberapa sector nya, debu atau kotoran yang juga mempengaruhi.

Sector pada hard disk yang berisi data yang tidak sesuai bisa dianggap sebagai bad sector. Selain itu virus juga bisa menyebabkan bad sector pada perangkat hard drive.

Bad sector sendiri memiliki efek seperti data didalam perangkat menjadi corrupt dan tidak bisa digunakan lagi. Yang tentunya hal ini sangat merugikan pengguna nya, karena data menjadi hilang.

Itu dia penjelasan artikel kali ini dari Pemmztechie, jika kamu mengalami permasalahan seperti diatas, kamu bisa hubungi disini