Hard disk merupakan suatu komponen terpenting pada laptop atau komputer. Maka dari itu perlu dilakukan perawatan pada hard disk agar dapat tahan lama dalam menyimpan data-data pada komputer maupun laptop.

Apa ajasih masalah yang bisa ditimbulkan jika hard disk rusak? Masalah yang ditimbulkan maka data-data pada laptop maupun komputer dapat hilang loh.

Artikel saat ini akan membahas tips merawat hard disk agar dapat awet dan tahan lama. Yuk Simak:

  1. Matikan Laptop dengan benar

Hindari mematikan laptop dengan cara langsung menekan tombol power, periksa baterai laptop jangan sampai laptop tiba-tiba mati karena kehabisan baterai.

  1. Hindari Guncangan

Hardisk merupakan komponen hardware yang didalamnya berisi lapisan cakram magnetik yang bisa berputar dengan kecepatang sangat tinggi, sehingga sangat riskan sekali terhadap goncangan apalagi ketika laptop masih hidup maka adanya benturan pada laptop bisa membuat lapisan cakram menjadi sobek.

  1. Jalankan Disk Cleanup

Disk Clean up adalah tool bawaan Windows yang berguna untuk membersihkan isi hardisk dari file-file yang tidak berguna, seperti misalnya temporary file, log file, dan file yang terdapat pada recycle bin.

  1. Lakukan Disk Defragmenter

Disk Defragmenter adalah tool bawaan Windows yang berfungsi untuk menyusun ulang data-data yang tersimpan pada hardisk. Jalankan disk defragmenter ini minimal sebulan sekali sehingga hardisk Anda tetap optimal.

  1. Monitor temperatur hardisk

Hardisk overheating yang bisa menyebabkan kerusakan. Jaga agar ventilasi laptop (tetap lancar dengan cara rajin membersihkannya, menempatkan laptop pada posisi yang datar, tidak menempatkannya di tempat yang bergelombang seperti kasur atau karpet yang bisa menyumbat aliran udara yang mengalir dari ventilasi laptop, serta menggunakan cooling pad, yang bisa mendinginkan laptop secara keseluruhan.

  1. Backup Hardisk secara berkala

cara untuk merawat data-data hardisk adalah dengan melakukan backup yang bertujuan untuk mendapatkan duplikat dari hardisk tersebut baik berupa data ataupun system operasi. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada hardisk, maka kita bisa melakukan recovery secara cepat.

Jika kamu masih mengalami masalah ini Kamu juga bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.