Memang terkadang kita lebih nyaman untuk mengakses internet menggunakan adaptor nirkabel, tetapi seringkali kita menemukan atau menjumpai masalah pada adaptor nirkabel, masalah tersebut disebabkan oleh driver yang bermasalah.

Adaptor nirkabel juga dapat menyebabkan masalah, terutama jika kamu tidak mengonfigurasinya dengan benar. Salah satunya adalah masalah dengan adaptor nirkabel atau kesalahan titik akses. Masalah ini muncul pada laptop tertentu. Karena setiap laptop menggunakan jaringan nirkabel.

Kali ini Pemmztechie akan menjelaskan bagaimana sih caranya mengatasi masalah pada adaptor nirkabel, yuk disimak kira-kira apa saja ya

  1. Perbarui driver nirkabel

Kamu bisa memperbarui driver secara manual dengan menggunakan Device Manager. Caranya dengan membuka device manager, cari adaptor jaringan, klik kanan dan pilih update driver. Selanjutnya klik cari secara otomatis untuk driver dan melihat apakah sistem menemukan yang baru atau tidak.

Kamu juga bisa mengunjungi situs web produsen adaptor jaringan yang kamu punya ataupun kamu bisa menginstall driver menggunakan CD yang kamu dapatkan dengan adaptor nirkabel kamu.

  1. Beralih ke koneksi kabel

Hubungkan laptop kamu ke router dengan kabel LAN. Hal ini menjadi solusi tercepat sampai kamu menemukan solusi yang tepat. Jika kamu sudah beralih menggunakan ke koneksi kabel tetapi masih tidak dapat terhubung, maka terdapat masalah pada router kamu.

  1. Hapus profil nirkabel

Yang kamu harus lakukan adalah mengetik cmd di windows search dan klik run as administrator untuk membuka Command Prompt. Setelah itu masukkan perintah (ganti WirelessProfilName dengan nama dari koneksi wireless kamu yang sesungguhnya) dan tekan enter, dan sambungkan kembali dan konfigurasi ulang jaringan untuk memperbaiki masalah adaptor nirkabel.

  1. Periksa kata sandi

Mungkin kamu secara tidak sengaja memasukkan kata sandi yang salah, untuk mengatasi nya putuskan sambungan dari jaringan kamu dan sambungkan kembali, pastikan kata sandi yang kamu tulis itu benar.

  1. Gunakan beberapa solusi Command Prompt

Pertama-tama kamu harus memulai command prompt sebagai administrator, lalu masukkan baris berikut: setel ulang netsh winsock, nets hint ip reset, ipconfig/release, ipconfig/perbarui, ipconfig/flushdns

  1. Periksa adaptor nirkabel

Untuk hal yang satu ini kamu harus menekan tombol windows key + X dan pilih device Manager dari daftar opsi kamu, lalu cari adaptor nirkabel dan klik dua kali untuk membuka nya, dan yang terakhir buka tab driver dan cari tombol enable.

  1. Hapus perangkat lunak antivirus

Beberapa program antivirus dapat mengganggu koneksi nirkabel kamu dan menyebabkan masalah, untuk memperbaikinya kamu perlu menonaktifkan sementara atau menghapus semua alat antivirus dari PC atau laptop kamu.

  1. Ubah Nama dan Kata Sandi

Kamu dapat memperbaiki masalah ini dengan mengubah nama dan kata sandi di jaringan nirkabel yang kamu punya, cara ini sangat mudah untuk dilakukan, kamu juga bisa melakukannya dengan melihat buku panduan atau instruksi router yang kamu punya.

  1. Setel ulang router

Masalah yang satu ini bisa disebabkan oleh konfigurasi router yang tidak tepat, kamu bisa memperbaiki nya dengan mengatur ulang router yang kamu punya. Caranya dengan menekan tombol reset pada router kamu.

  1. Periksa pembaruan windows

Microsoft bermitra dengan banyak produsen hardware. Terdapat kemungkinan anda mendapatkan pembaruan adaptor nirkabel melalui pembaruan windows. Untuk memperbaiki hal ini sambungkan kabel LAN dan periksa pembaruannya, jika terdapat pembaruan baru untuk router kamu, maka sistem akan menginstall secara otomatis.

Nah itu dia faktor-faktor yang menyebabkan wireless adaptor kamu tidak berfungsi berikut dengan solusi dari masing-masing faktor, semoga artikel ini dapat membantu kalian yang memiliki permasalahan yang sama ya.

jika kamu mengalami kerusakan seperti diatas dan tidak bisa memperbaiki sendiri kamu bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089