Laptop atau PC yang lambat tentunya membuat pengguna nya terhambat ketika mengerjakan sesuatu, karena untuk mengerkakan hal sederhana pun bisa sangat merepotkan.

Kali ini Pemmztechie akan menjelaskan cara mempercepat kinerja laptop atau PC kamu yang lambat serta penyebab nya.

Laptop atau PC yang lambat tentunya terjadi karena beberapa faktor, tetapi salah satunya karena terdapat masalah pada penggunaan sumber daya pada laptop atau PC yang tidak efisien. Sistem operasi sendiri harus mengelola sumber daya laptop atau PC di antara semua program yang berjalan didalamnya.

Hal-hal yang membuat PC atau laptop kamu lambat:

  • RAM yang tidak cukup
  • Ruang disk drive tidak cukup atau tinggal sedikit
  • Hard drive lama atau terfragmentasi
  • Terlalu banyak program latar belakang
  • Terlalu banyak program startup
  • Tertinggal di windows atau pembaruan driver
  • Terkena malware atau virus
  • Efek khusus dan fitur visual

Berikut cara untuk mengatasi laptop atau PC kamu yang berjalan lambat:

  1. Restart Laptop atau PC kamu

Jika kamu mengalami laptop atau PC yang kecepatan nya lambat, cobalah untuk me restart laptop atau PC kamu. Sistem operasi kamu mengalokasikan ruang dalam RAM untuk program ketika dijalankan. RAM pada akhirnya akan terisi, yang bisa mengakibatkan laptop atau PC kamu lambat ketika sistem operasi mulai menggunakan file swap.

File swap yaitu file yang ada di drive disk kamu yang digunakan pada sistem operasi untuk data yang digunakan oleh program, kamu cukup menutup program yang sedang berjalan di komputer kamu, dan me restart.

  1. Bersihkan Hard Drive

Ketika memori hard drive kamu penuh maka bisa memperlambat kinerja laptop atau PC kamu, karena sistem operasi tidak memiliki cukup ruang kosong untuk bekerja secara optimal.

Untuk memastikan laptop atau PC kamu tidak lambat karena hard drive penuh, pastikan kamu memiliki setidaknya 500 MB ruang disk. Cara memeriksa dengan membuka file explorer dan klik “This PC” di sebelah kiri. Drive utama kamu biasanya disebut “ Windows C”, jika kamu memilki drive lain kamu juga bisa melihat berapa banyak ruang yang dimiliki.

  1. Defrag hard drive

Ketika kamu mengosongkan ruang di hard drive, data yang dihapus tetap akan disimpan sebagai fragmen. Defragmenting adalah hard drive kamu mengatur bit data yang tidak teratur pada hard drive menjadi blok yang mudah untuk diakses. Jika PC atau laptop kamu lambat maka defragmenting dapat membantu mempercepatnya.

  1. Nonaktifkan program latar belakang

Laptop yang lambat bisa disebabkan karena terlalu banyak program yang berjalan secara bersamaan, sehingga menghabiskan daya dan mengurangi kinerja PC. Beberapa program akan terus berjalan meskipun kamu telah menutupnya.

Untuk memeriksa program latar belakang apa saja yang berjalan di PC kamu dan berapa banyak memori dan kekuatan pemrosesan yang digunakan kamu bisa membuka Task Manager, dengan menekan CTRL+ALT+DELETE.

  1. Nonaktifkan Program Startup

Jika ketika booting laptop atau PC kamu membutuhkan waktu yang lama, kemungkinan hal tersebut terjadi karena terlalu banyak program startup yang sedang berjalan. Banyak program datang dengan opsi untuk berjalan secara otomatis saat sedang booting.

Kamu bisa mengatasi nya dengan membuka Task Manager dengan menekan CTRL+ALT+DELETE dan klik “Start-up” di bagian atas untuk melihat program startup apa yang diaktifkan dan dampaknya terhadapa kinerja laptop atau PC kamu.

  1. Scan Malware atau Virus

Malware atau virus tentunya akan memperlambat kinerja laptop atau PC kamu. Pastikan kamu menggunakan program antivirus terbaru dan scan untuk menemukan virus yang berada di sistem laptop atau PC kamu.

  1. Upgrade Memori

Memori akses acak adalah hal yang laptop atau PC kamu gunakan untuk menyimpan informasi yang sedang digunakan oleh sistem operasi dan program yang sedang berjalan di dalamnya, tidak seperti Hard drive yang merupakan tempat penyimpanan program dan file.

Salah satu cara menangani laptop atau PC yang lemot adalah dengan meng upgrade memori, jika laptop atau PC kamu memiliki RAM kurang dari 4 GB, kemungkinan laptop akan terasa lambat.

  1. Upgrade Hard Drive

Jika laptop atau PC kamu lambat ketika sedang membuka file, bermain game atau sekedar menonton film kemungkinan adalah hard drive kamu yang tidak cukup. Sehingga cobalah untuk upgrade hard drive kamu.

Itu dia penyebab dan solusi-solusi untuk permasalahan laptop atau PC kamu yang lambat. Jika kamu mengalami kerusakan seperti diatas dan tidak bisa memperbaiki sendiri kamu bisa langsung konsultasikan ke nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089