Keyboard salah satu perangkat penting pada laptop. Jika keyboard laptop tidak berfungsi maka semua pekerjaan akan sangat terhambat. Keyboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk input data dalam bentuk huruf, angka, dan simbol. 

Tetapi seringkali keyboard memiliki berbagai macam masalah, seperti adanya gangguan pada software dan hardware. Cara mengetahui yang paling mudah penyebab kerusakaan yang terjadi adalah dengan cara mematikan dan menyalakan kembali laptop. Lalu dilanjutkan dengan menekan F2.

Berikut artikel kali ini akan membahas mengenai masalah-masalah yang terjadi pada keyboard.

1. Masalah Pada Hardware

Penyebab umum keyboard yang tidak berfungsi adalah adanya gangguan pada hardware. Hal yang terhambat biasanya terjadi ketika ada masalah pada software atau driver laptop. Selain, itu keyboard juga bisa mengalami gangguan ketika sering mengunduh perangkat lunak pihak ketiga dan sering mematikan laptop secara paksa.

Untuk mengatasi keyboard yang bermasalah karena hardware, kamu bisa mengikuti cara dibawah ini ya sahabat techie!

2. Bersihkan Dari Debu

Salah satu faktor utama dan yang paling umum penyebab keyboard tidak berfungsi adalah karena terdapat debu yang terselip di keyboard. Solusinya adalah dengan membersihkan, dengan mematikan laptop terlebih dahulu dan memiringkan laptop 75 derajat lalu goyangkan laptop untuk menyingkirkan debu di keyboard.

3. Perbaiki Driver Pada Keyboard

Keyboard yang secara tiba-tiba tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena driver yang tidak diperbaharui. Adanya aplikasi yang rusak sehingga bisa memicu keyboard menjadi kurang responsif. Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara memeriksa dan memastikan masalah tersebut dari device manager.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089