Monitor merupakan bagian dari perangkat keras atau hardware utama untuk PC. Yang berfungsi sebagai tampilan dari komputer dan perintah yang dimasukan sebagai perangkat input dan output yang berjalan semestinya. 

Tetapi monitor bisa memiliki kondisi no signal detected yang disebabkan karena komputer sudah memiliki usia yang cukup lama. Sumber masalah dari monitor no signal biasanya berasal dari komputer atau PC itu sendiri, monitor tetap bisa menyala tetapi tidak mampu menerima sinyal untuk menampilkan perintah yang sedang diproses oleh CPU.

Berikut Pemmztechie akan menjelaskan penyebab-penyebab yang ada

1. Kerusakan Pada Kabel Antara Monitor dan CPU

Hal utama yang bisa menyebabkan monitor no signal adalah terjadinya kerusakan pada kabel yang sedang digunakan sebagai penghubung antara monitor dan CPU. Biasanya kabel ini terletak di bagian belakang PC sehingga sangat jarang dilakukan pemeriksaan. Kerusakan pada kabel sering disebabkan karena gigitan hewan seperti tikus yang ada di sekitar PC.

2. Port VGA dan HDMI Rusak

Selain dari kerusakan pada kabel, monitor no signal juga bisa disebabkan oleh port HDMI atau VGA yang digunakan sebagai penghubung antara CPU dan monitor rusak. Kerusakan port VGA atau HDMI bisa disebabkan karena port mengalami korosi sehingga sinyal tidak dapat ditransmisi dengan baik atau kabel pada port HDMI ataupun VGA putus dan terjadi kerusakan.

3. Kualitas Kabel Kurang Baik

Kualitas dari kabel yang digunakan memiliki peran signifikan ketika monitor sedang terjadi no signal. Ada beberapa kabel yang diproduksi tanpa melihat quality control yang baik, sehingga membuat kualitas dari kabel yang dihasilkan menjadi buruk dan mudah rusak. 

4. Port VGA dan RAM Kotor

Kotornya slot RAM maupun VGA yang kotor juga bisa menjadi penyebab ketika monitor no signal. Hal ini menyebabkan kinerja dari VGA dan RAM menjadi terhambat, karena VGA dan RAM juga memiliki fungsi untuk menampilkan hasil dari proses pada CPU pada layar monitor. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara membersihkan port VGA dan slot RAM pada komputer. 

5. Ada Masalah Pada Motherboard

Jika RAM dan VGA serta komponen hardware lainnya tidak ada masalah dan kerusakan, maka kemungkinan sumber dari masalah adalah motherboard yang rusak. Jika motherboard bermasalah, maka tidak akan mampu untuk melakukan proses seluruh hardware yang tersambung, sehingga salah satu dari gejalanya adalah monitor no signal.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089