Halooo sahabat techie!

Gimana nih kabarnya hari ini? Semoga semua nya terus sehat ya!

Sahabat, kalian kalau menggunakan layar monitor, spec apa yang kalian cari? Disesuaikan dengan kebutuhan, pekerjaan, atau keinginan kalian?

Layar monitor merupakan salah satu bagian penting ya, karena kita dapat melihat semua visual lewat layar monitor kita.

Tapi sahabat techie tau tidak kalau layar monitor ternyata memiliki jenis yang berbeda dan perbedaan setiap monitor, hal ini signifikan di respond time setiap monitor oleh karena itu perbedaan nya adalah Refresh Rate dari layar monitor!

Refresh rate itu apa? 

Sahabat techie pasti pernah dengar dengan FPS. Nah, FPS dan Refresh rate memiliki fungsi yang sama yaitu menentukan kualitas gambar tetapi memiliki cara kerja yang berbeda loh.

FPS menentukan berapa banyak frames yang diproduksi. Sedangkan, refresh rate sendiri adaah berapa banyak monitor pada laptop gaming atau desktop melakukan refresh gambar atau visual pada layar. Sehingga apabila refresh rate nya semakin tinggi maka akan semakin halus pula gambar yang divisualisasikan.

Jadi semakin tinggi HZ atau refresh rate, maka semakin sering pula jangka waktu layar akan melakukan refresh.

Ini perbedaan pertama layar monitor 60hz, 144hz, 240hz!

Layar monitor 60Hz akan melakukan refresh gambarnya 60 kali per detik, sementara monitor 144Hz akan refresh gambar 144 kali per detik, dan sudah pasti monitor 244Hz akan refresh gambar 255 kali per detik.

Perbedaan lainnya adalah apabila kita menggunakan monitor dengan HZ yang tinggi, ketika kita kembali atau berbalik ke HZ yang lebih rendah maka video, bahkan kecepatan kursor akan lebih pelan atau lamban.

Apabila sahabat techie bermain game, saat sedang bermain dan melakukan game yang bergerak cepat, pada monitor 60Hz akan lebih sulit untuk melihat di monitor ini dibandingkan dengan 144Hz atau 240Hz. Sehingga banyak yang memilih monitor dengan Hz yang lebih tinggi agar bermain game lebih nyaman dan gambar yang dihasilkan dilayarpun lebih indah.

Eitss, refresh rate yang tinggi memang makin bagus, akan tetapi tidak semua device membutuhkan refresh rate tinggi. Contohnya adalah konsol TV box atau BluRay yang dengan memilki refresh rate 60 Hz saja sudah cukup.

Jadi gimana nih sahabat  techie? Sudah lebih jelas, kan akan perbedaan antara monitor 60Hz, 144Hz, dan 240Hz? Semoga semua sobat techie kalau sehabis membaca artikel ini bisa menentukan mana monitor yang tepat untuk kebutuhan kalian ya!