Halo sahabat Techie!

Hari ini kita akan ngebahas nih, apa sih sebenernya fitur anti ghosting pada keyboard, dan sebenernya fitur ini penting gak sih? Yuk kita bahas!

Ghosting adalah masalah yang terjadi pada keyboard yang terjadi ketika kita menekan keyboard secara bersamaan, dan ada beberapa tombol yang tidak terdeteksi atau terpencet  dengan kata lain input keyboard tidak bekerja semestinya walaupun beberapa tombol sudah ditekan bersamaan.

Oleh karena itu fitur anti ghosting hadir pada keyboard untuk mengatasi masalah tersebut pada keyboard untuk menambah kenyamanan. Fitur anti ghosting akan memastikan bahwa kombinasi tombol pada keyboard tetap bekerja memberi input pada komputer atau laptop, walaupun dua atau tiga dari mereka ditekan secara bersamaan.

Fitur Anti ghosting sendiri adalah fitur dimana para user dapat menekan tombol secara bersamaan, dan semua tombol yang ditekan semuanya berfungsi dengan baik, tanpa ada kendala. Sampai saat ini biasanya keyboard yang memiliki fitur anti ghosting dapat ditekan secara bersamaan sebanyak 12 tombol.

Dibeberapa keyboard fitur ini sangat digunakan karena ada beberapa tombol kombinasi yang harus digunakan. Sebagai contoh, untuk keyboard dengan layout 60% tidak ada tombol F row, sehingga harus menggunakan kombinasi FN + number row untuk mengaktifkannya.

Selain itu fitur ini juga sangat membantu untuk para gamer karena pada dasarnya sekarang ini sudah banyak game dengan berbagai macam genre yang membutuh kan tombol dengan kombinasi tombol yang banyak.

Lalu kenapa banyak ada keyboard yang tidak bisa membaca tombol? 

Biasanya, saat keyboard mendeteksi tombol apa yang ditekan maka sensor akan terlihat pada masing-masing kolom, satu demi satu, dan melihat kabel baris mana yang terhubung. Bila hanya satu tombol ditekan, akan ada persis satu kawat kolom yang hadir melalui satu kawat baris. Pola ini secara unik mengidentifikasi tombol mana yang ditekan; hanya ada satu titik kontak yang bisa menyebabkan hasil tes ini. 

Tetapi, kebanyakan keyboard hanya bisa memeriksa apakah sebuah kolom terhubung ke satu baris. Bila ini terjadi, pola itu ambigu, umumnya keyboard berhenti melaporkan penekanan tombol baru, namun disisi lain juga tidak melaporkan kunci yang salah. inilah yang disebut sebagai penekanan tombol yang tidak dilaporkan alias “ghosted.”

Nah sahabat Techie, sekarang udah tau kan apa itu fitur anti ghosting dan kegunaannya! Sampai disini dulu ya, nanti kita ketemu lagi di artikel selanjutnya!