Motherboard merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. pada motherboard banyak ditemukan komponen penting lain dari komputer yang disatukan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Ketika motherboard error, maka semua komponen akan ikut mati. 

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki motherboard yang rusak, berikut penjelasan yang perlu kamu ketahui.

1.Sahabat techie, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa suplai daya dari PSU, cara paling mudah adalah dengan melihat apakah kipas berputar. Jika CPU atau motherboard memiliki kipas, cobalah untuk mengecek apakah kipasnya dapat berputar atau tidak. Periksa juga voltase yang terjadi dari power supply ke motherboard bila memungkinkan

  1. Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa pengaturan BIOS/UEFI.

  2. Kamu juga perlu memeriksa apakah komputer mengalami overheat atau tidak, dengan mengikuti cara dibawah ini:

  • Matikan komputer dan biarkan selama beberapa saat.
  • Buka casing lalu nyalakan komputer dalam keadaan terbuka
  • Lihat apakah masalah tetap muncul.
  • Bila tidak maka bisa jadi overheat adalah penyebabnya.
  1. Selanjutnya, cobalah untuk periksa apakah ada kapasitor yang membengkak. Bila ada maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada motherboard di perangkat kamu.

  2. Coba untuk membuka lalu memasang kembali semua komponen yang melekat pada motherboard seperti CPU, adapter, dan chip memori.

6. Lepas adaptor dan device lain yang tidak diperlukan, nyalakan komputer, lihat apakah masalah masih muncul atau tidak. Jika tidak maka salah satu perangkat tersebut adalah penyebabnya, bukan motherboard yang rusak.

  1. Langkah selanjutnya adalah, coba untuk mencolok komputer ke colokan listrik yang berbeda untuk memastikan colokan yang sekarang bukanlah penyebab masalah motherboard kamu yang rusak.

  2. Cek apakah terjadi korslet pada bagian frame motherboard.

  3. Periksa baterai CMOS.

10. Apabila motherboard memiliki LED diagnostik, lihat apakah ada petunjuk tertentu atau kode error yang muncul. Lihat buku manual atau panduannya di situs manufaktur motherboard.

Jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.