RAM sendiri adalah tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap. RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Terkadang kapasitas RAM pun seringkali mencapai limit nya tanpa kamu ketahui, tetapi artikel kali ini akan memberikan cara agar kamu bisa mengetahui kapasitas RAM di perangkat kamu.

  1. Mengecek melalui control panel

Kamu bisa mengecek kapasitas RAM kamu melalui control panel, caranya dengan membuka windows explorer, lalu klik kanan pada logo komputer dan akan muncul menu expand, setelah itu kamu bisa klik kiri pada properties. Setelah muncul jendela system control panel, cobalah untuk mengecek bagian Installed Memory.

Cobalah untuk melihat jumlah yang tertera, karena hal tersebut merupakan total kapasitas RAM yang terinstal di kedua slot, disampingnya terdapat informasi tambahan untuk jumlah kapasitas RAM yang bisa dipakai setelah terpotong untuk sistem.

  1. Menggunakan Aplikasi Speecy

Aplikasi Speecy juga berguna untuk kamu agar mengetahui berapa slot RAM yang tersedia dan berapa slot yang dugunakan serta DDR RAM, tipe dan ukuran RAM. Kamu bisa download aplikasi speecy secara gratis, setelah itu install aplikasi speccy, bukalah aplikasi speccy dan tunggu, semua aplikasi pada PC akan muncul dan klik bagian RAM, setelah itu semua detail RAM akan ditampilkan.

  1. Cek RAM pada kemasannya

Biasanya terdapat stiker RAM yang tertempel dan tertera informasi kapasitas dan tipe RAM yang digunakan dan dapat menjadi acuan kamu jika ingin membeli RAM dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Itu di acara untuk mengetahui kapasitas RAM yang ada pada komputer kalian. Kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.