Sahabat techie siapa disini yang tau nya kalau memori di komputer itu cuma RAM dan hardisk aja? Ternyata ada berbagai macam memori lain untuk komputer loh sahabat techie.

Memori memang digunakan pada komputer dan laptop untuk menyimpan suatu data, baik permanen maupun sementara. Terdapat dua memori yaitu memori internal dan eksternal.

Memori internal adalah memori yang disimpan secara langsung oleh bagian prosesor. Fungsi utama nya adalah sebagai pengingat data-data atau program-program yang pernah digunakan saat komputer atau laptop sedang dijalankan.

Memori Internal memiliki berbagai macam-macam tipe, Berikut artikel ini akan menjelaskan macam-macam memori internal

1.ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory, yaitu sebuah memori pada komputer. Fungsinya adalah sebagai pengingat aktivitas yang sedang dilakukan saat komputer sedang beroperasi. Biasanya walaupun komputer tidak dialiri listrik, ROM akan tetap bisa berjalan. ROM bisa disebut firmware atau juga BIOS.

  1. CMOS

CMOS merupakan bagian dari ROM, yang berfungsi sebagai penyimpan para pengaturan-pengaturan dasar pada komputer. CMOS sendiri merupakan sebuah cip yang memiliki memori sebesar 64 byte.

  1. DRAM

DRAM merupakan kepanjangan dari Dynamic RAM. Jenis RAM yang sering dilakukan penyegaran oleh CPU. Fungsi dari DRAM ini yaitu untuk menjaga memori pada RAM tidak cepat hilang sehingga dapat digunakan secara terus menerus.

  1. RAM

Memori RAM sendiri sudah dikenal sebagai memori yang paling dikenal. Fungsi nya untuk menyimpan aplikasi atau software yang sedang dijalankan pada komputer, RAM juga dikenal sebagai penampung untuk segala aktivitas yang ada didalam komputer.

  1. SDRAM

SDRAM sendiri adalah bagian lanjutan dari DRAM, keunggulannya yaitu dari sisi kecepatannya dibandingkan dengan DRAM

  1. Cache

Memori ini memiliki peran yang cukup besar sebagai bagian penyaringan ketika kamu sedang menggunakan komputer. Biasanya sebelum data masuk ke memori utama, data tersebut akan disaring terlebih dahulu melalui bagian cache, sehingga hal tersebut yang membuat kecepatan dari memori cache tinggi.

Nah itulah macam-macam memori internal yang ada sahabat techie, bagaimana apakah kamu mengetahui hal diatas sebelumnya? Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menambah informasi-informasi.