Halo sahabat techie! Pastinya kalian tau kan kalo sistem penyimpanan data ada berbagai macam kayak hardisk dan flashdisk. Nah tapi kalian tau gak sih perbedaannya? Yuk kita simak!

  1.     Kapasitas

Kapasitas yang tersedia pada harddisk memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kapasitas flashdisk. Tetapi sekarang ini sudah banyak flashdisk yang memiliki kapasitas besar juga. Selain itu hardisk juga dibedakkan menjadi 2 yaitu hardisk internal dan hardisk external ,sedangkan flashdisk hanya tersedia satu jenis yaitu external.

  1.     Sifat Penyimpanan

Hardisk memiliki sifat penyimpanan yang besar karena mampu menyimpan OS atau operating system didalamnya, sedangkan Flashdisk tidak bisa karena karena sifatnya yang bersifat removable yang sistem penyimpanannya tidak dalam waktu yang sementara

  1.     Aliran Listrik

Hardisk internal membutuhkan aliran listrik untuk penggunaannya yang mana berbeda dengan flashdisk dimana flashdisk bersifat non volatile yang tidak membutuhkan aliran listrik sama sekali, Meskipun hardisk dengan type external bersifat non volatile juga, sama seperti flashdisk.

  1.     Harga

Dari segi harga, harga hardisk bisa dibilang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan flashdisk karena kapasitas yang lebih besar dan kuat.

  1.     Perawatan

Dalam segi perawatan, cara merawat flashdisk lebih gampang karena jika flashdisk tersebut terkena virus hal yang harus dilakukan hanya dengan memformatnya saja, yang mana hal ini berbeda dengan hardisk karena jika hardisk terkena virus, maka harus dilakukan backup data terlebih dahulu.

  1.     Fisik

Dari segi fisik, flash drive memiliki bentuk yang lebih unik dan beragam serta lebih kecil dari hard drive. Karena ukurannya yang kecil, masuk akal bagi banyak orang untuk membelinya untuk bekerja. Flash disk  Kapasitas flash drive sama dengan hard disk, tetapi kapasitasnya harus berbeda karena hard disk dapat menyimpan. Aplikasi dan implementasi. 

Flash drive tidak tersedia dan hanya  beberapa aplikasi  seperti Microsoft Office yang dapat diterapkan. Sayangnya, benda kecil ini mudah rusak. Flash drive komputer saya tidak dapat dibaca, dibuka, atau di format. Hal ini membuat kelemahan flashdisk sangat jelas dibandingkan dengan harddisk, namun anda tidak perlu khawatir untuk mengetahui merk flashdisk terbaik. Hal ini membantu menghindari kerusakan pada perangkat yang satu ini. Harddisk juga mungkin memiliki masalah tersendiri, sehingga Anda juga perlu mengetahui karakteristik kerusakannya. 

Terakhir, dua penyimpanan data di atas adalah alat teknis yang sangat mendukung pekerjaan manusia. Ingatlah untuk memindai virus yang dapat digunakan dalam berbagai situasi dan dapat menyerang data Anda.

Sekarang kalian tau kan perbedaan pada hardisk dan flashdisk. Nah, sekarang kalian gausah bingung lagi nih karena dari jenis itu semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing!  jika kamu memiliki masalah pada laptop ataupun perangkat lainnya, kamu bisa langsung konsultasikan ke Pemmztechie dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.