Halo sahabat techie! Pastinya kalian tau gak sih kalau input suara Mic memiliki banyak jenis seperti omnidirectional, bidirectional, dan unidirectional. Mau tau perbedaannya apa? Yuk kita simak!

  1.     Omnidirectional

Respon dari omnidirectional pada mic mempunyai jangkauan yang luas karena meliputi keseluruhan ruangan dan bisa dianggap seperti bola, karena input suara bisa masuk lewat sisi manapun. Biasanya mikrofon dengan tipe input suara ini memiliki jenis mic yang bisa menghasilkan suara dari manapun, sehingga cocok untuk mengcapture suara yang memiliki hasil natural dan realistic.

Kelemahan dari pola pattern ini adalah karena jangkauan input suara yang terlalu luas, maka bisa ada kemungkinan bahwa suara yang tidak ingin kita rekam akan ikut terekam dan menghasilkan suara lain dan susah untuk menghilangkan rekaman noise tersebut.

Jenis pola pattern ini biasanya terdapat di mikrofon dengan tipe condenser.

  1.     Bi Directional

Pola pattern suara Bi Directional atau yang biasa disebut juga dengan pola pattern figure 8 dirancang untuk menangkap suara melalui bagian depan dan belakang pada diagfragma mikrofon, sehingga pada bagian sisi kiri dan kanan tidak dapat digunakan untuk menangkap suara. Biasanya tipe mikrofon ini digunakan merekam melalui Teknik ms recording atau mid/side stereo recording yang mana merupakan Teknik menggabungkan 2 mikrofon figure 8 dimana satu mengarah ke depan dan satu mengarah ke samping.

  1.     Super Cardioid

Pola pattern yang satu ini sangat jarang ditemui di pasaran karena penggunaannya yang terbilang jarang dan digunakan untuk merekam yang membutuhkan isolasi berlebih. Karena pola penangkapannya yang pipih dan condong ke depan mikrofon, jenis supercardioid ini mengisolasi udara yang terekam dari arah kiri dan kanan bagian mikrofon.

  1.     Unidirectional

Jenis pola pattern ini merupakan jenis pola pattern yang paling banyak digunakan dan ditemui. Secara teori, jenis ini memiliki jangkauan yang sama dengan Bi Directional, hanya saja jarak penangkapan suara pada mikrofon ini jauh lebih rendah dan mengambil suara sedikit dari kiri, kanan, dan sedikit dibelakang.

Sekarang kalian tau kan jenis pola pattern pada mikrofon. Nah, sekarang kalian gak usah bingung lagi nih karena dari keempat jenis itu semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing!