Hello sahabat techie!

Yang pasti kita semua tahu dong kalau Keyboard merupakan bagian penting dari PC atau laptop yang kita gunakan.

Tapi tau gak kalau keyboard sendiri punya jenis nya!

Hari ini kita akan bahas tentang perbedaan mechanical keyboard dan membran keyboard, kalian udah tau belum? kira-kira keyboard yang kalian gunakan yang mana? Yuk simak perbedaan nya!

1. Suara Ketikan

Sebuah perbedaan  yang paling dasar dari perbedaan keyboard mechanical dan membrane adalah saat digunakan, suara ketikan yang dihasilkan berbeda. Pada keyboard mechanical suara ketikan yang dihasilkan lebih keras dibandingkan dengan keyboard membrane karena adanya lapisan silikon di bawah elektrik.

Lapisan silikon tersebut mengirim sirkuit sehingga suara keyboard yang dihasilkan lebih halus. Sehingga saat menggunakan mechanical keyboard tidak akan menggangu karena suara yang dihasilkan tidak berisik.

2. Harga

Harga juga merupakan perbedaan dari keyboard mechanical dan membrane. Harga memang menentukan kualitas, dan umum nya keyboard mechanical lebih mahal karena banyaknya keyboard mechanical hingga jutaan rupiah.

Keybord membrane memiliki harga yang lebih murah karena kualitas bahan dari keyboard membrane umumnya terbuat dari plastik. Bagi sobat techie yang hanya ingin menggunakan keyboard untuk kebutuhan mengetik saja dengan harga terbatas maka, membrane sudah cukup untuk digunakan.

3. Daya Tahan

Perbedaan selanjutnya adalah keyboard mechanical dan membrane bisa dilihat dari daya tahannya. Umumnya, keyboard mechanical memiliki tingkat daya tahan lebih lama dibandingkan membrane.

Keyboard mechanical memiliki komponen switch berbahan metal serta plastik serta memiliki bobot yang lebih tinggi dibandingkan dengan keyboard membrane.

4. Keakuratan

Dikarenakan adanya jarak diantara key pada keyboard mekanikal, membuat lebih akurat saat menekan atau mengetik. Sedangkan membrane keybord memiliki jarak yang relatif rapat.

5. Kemampuan Anti Ghosting

Kemampuan anti ghosting dari kedua keyboard ini juga menjadi perbedaan. Anti ghosting pada keyboard mechanical lebih baik dibandingkan dengan keyboard membrane. Karena sirkuit yang sederhana pada keyboard membrane sehingga sulit untuk melakukan pada input data secara bersamaan. Sedangkan keyboard mechanical memiliki individual switch. 

Begitu beberapa perbedaan dari keyboard membrane dan keyboard mechanical, sobat techie!

Setiap keyboard masing masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, jadi disesuaikan dengan kebutuhan ya!

Sampai sini dulu artikel hari ini, sampai jumpa di artikel lainnya!