Hallo sahabat techie!

Udah pada tau dong kalo sekarang ini peripheral gaming udah banyak banget jenisnya. Nah sekarang juga ada beberapa peripheral yang udah menggunakan sistem wireless alias tanpa kabel, salah satunya mouse. Tapi apa kalian tau diantara kedua jenis mouse itu sebenarnya mouse yang lebih bagus itu mouse gaming wireless apa mouse gaming biasa?

Dari kedua jenis mouse tersebut, masing masing punya kelebihan dan kekurangan di setiap aspeknya. Yuk kita bahas bersama!

1. Mouse wired

Kelebihan yang dimiliki oleh wired mouse yaitu lebih mudah digunakan karena menggunakan system plug and play, dimana para user hanya harus menyolok kabel usb ke pc atau laptop. Selain itu mouse wired juga memiliki range harga yang lebih murah, dengan teknologi yang juga tidak kalah canggih. Selain itu, mouse wired juga memiliki minim latency dimana tidak akan terjadi delay pada saat bermain game.

Untuk kekurangannya, biasanya mouse wired memiliki gangguan pada kabelnya, semakin lama digunakan, kabel pada mouse wired akan semakin lemah dan mengakibatkan putus, meskipun sekarang ini sudah ada mouse yang kabelnya dilapisi dengan kabel braided.

Selain itu mouse wired juga tidak bisa digunakan pada jarak yang jauh karena terhalang oleh kabel, dan gampang kusut. Aspek yang tak kalah pentingnya adalah mouse wired mengurangi nilai estetik yang ada di desk setup kalian juga karena banyaknya kabel diatas meja.

2. Mouse Wireless

Kelebihan dari wireless mouse sudah pasti karena jenis mouse ini memiliki jangkauan yang lebih jauh karena tidak menggunakan kabel sama sekali. Selain itu mouse ini minim hambatan dari kabel karena tidak akan tersangkut oleh kabel dan bisa lebih leluasa untuk digunakan.

Untuk kekurangannya, dari segi harga, mouse ini terbilang lebih memiliki harga yang tinggi. Selain itu mouse ini juga menggunakan teknologi baterai sehingga para user harus mengganti baterai setiap kali mouse ini sudah minim daya. Nah, aspek yang tak kalah penting adalah biasanya mouse wireless memiliki latency atau delay tergantung dari teknologi mouse tersebut, meskipun delay yang dimiliki mungkin hanya sepersekian detik jika dibandingkan dengan mouse wired yang lebih akurat.

Gimana sahabat techie? Semua orang punya preference masing-masing dan lebih nyaman menggunakan mouse yang mana diantara kedua itu, contohnya aku yang lebih suka wireless karena tidak perlu repot untuk memberikan ruang di tas untuk kabel.

Sekarang udah paham kan perbedaan dari kedua jenis mouse tersebut. Kalau menurut sobat techie, lebih suka mouse jenis apa diantara wired mouse atau wireless mouse? Tetep harus disesuaikan dengan kebutuhan ya!