Bagi sebagian masyarakat mungkin masih asing ketika mendengar istilah SSD dan HDD karenz masih sangat banyak yang kurang paham dalam pemilikan laptop dengan SSD atau HDD. Nah, HDD bisanya dapat diandalkan untuk penyimpanan data pada laptop dan komputer. Namun seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang sehingga muncul teknologi Solid State Drive (SSD). 

Nah, yuk kita cari tau tentang SSD dan HDD pada laptop, komputer di server generasi baru. yuk sahabat techie simak perbedaannya!

Apa itu SSD? 

Solid State Drive atau SSD adalah sebuah teknologi inovasi baru untuk menyimpan data yang menggunakan chip memory yang tertanam dalam laptop kalian yang menggantikan piringan cakram pada Hard Disk Drive  (HDD). Umumnya, SDD bisa menulis dan menyimpan data secara cepat karena proses datanya dilakukan secara digital.

Apa itu HDD?

Hard Disk Drive atau HDD yang digunakan untuk menyimpan data pada laptop komputer yang digunakan untuk menyimpan data menggunakan piringan cakram yang bergerak dalam proses menyimpannya data. dalam piringan cakram terpasang komponen untuk menulis dan membaca data,piringan cakram akan berputar dengan kecepatan ribuan putaran per menit (RPM).

Apasih Perbedaan SSD dan HDD?

  • Aspek Cara Kerja SSD dan HDD

Perbedaan SSD dan HDD yang sangat mencolok yaitu Aspek Cara Kerja. HDD menggunakan piring cakram sedangkan SSD menggunakan chip atau flash memory. 

HDD memproses data dengan sistem mekanik yang memproses HDD membaca file dalam satu piringan dengan artian mereka memproses dengan jeda sedangkan SSD sudah menggunakan sistem digital yang artinya mentransfer partikel dalam chip tanpa jeda.

  • Aspek Kecepatan Proses Data

Dibandingkan dengan HDD, SDD menggunakan chip memory yang artinya tidak memerlukan bagian untuk bergerak sehingga memproses tanpa jeda dan SSD bekerja dengan performa baca dan tulis data 25-100 kali lebih cepat dibandingkan HDD. hal ini memudahkan untuk membuka beberapa program secara bersamaan tanpa adanya jeda atau lagging.

  • Aspek Ketahanan Komponen

Komponen yang terdapat di HDD yaitu piring cakram tidak ada di SSD karena SSD sudah menggunakan chip digital yang tidak dapat diputar seperti HDD.Sehingga SSD lebih aman ketika ada guncangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen yang bisa merusak chip pusat di HDD. Sedangkan HDD sangat rawan mengalami kerusakan dikarenakan memiliki piring cakram yang ketika terjadi guncangan data juga rawan untuk rusak  

  • Aspek Konsumsi Listrik

Dikarenakan SSD menggunakan Chip sehingga tidak membutuhkan daya listrik yang banyak karena chip tidak perlu beroperasi secara mekanik. Sedangkan HDD menggunakan sistem mekanik, sehingga piringan harus terus berputar agar bisa diproses, oleh karena HDD termasuk boros daya listrik. Jadi kesimpulannya SSD tergolong lebih hemat listrik dibandingkan dengan HDD.

  • Perbedaan Kapasitas SSD dan HDD

Dibandingkan dengan HDD memiliki kapasitas besar dibandingkan dengan SSD. Umumnya, kapasitas HDD memiliki standar minimal 500GB dengan maksimal mencapai 2,1TB. 

Sedangkan SSD memiliki kapasitas sekitar 128 GB dengan Maksimal 256GB namun kapasitas tersebut dapat di upgrade seperti memori bawaan yang penuh sehingga harus mengeluarkan biaya untuk mengupgrade.

  • Usia SSD dan HDD

SSD dan HDD sama sama memiliki batas umur.namun setiap kali menulis data ulang di SSD, SSD akan mengalami penurunan kualitas  yang diukur dengan satuan Terabytes Written(TBW). Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena SSD mempunyai teknologi TRIM command yang dapat mengoptimalkan TBW untuk memperbarui sistem lama ketika memproses data.

Oleh karena itu, SSD akan lebih awet dan TBWnya akan lebih mudah diketahui sehingga membuat SSD lebih mudah untuk di upgrade sebelum terjadi kerusakan dengan kurun waktu awet 10 tahun.

Sedangkan HDD memiliki batas yaktu Mean Time Between Failure (MTBF)  setiap memproses akan membuat MTBF semakin dekat sehingga harus mengganti HDD ketika mencapai MTBF. Namun, hal tersebut tidak bisa diprediksi kapan HDD akan mencapai MTBF. Jika mencapai MTBF Data akan hilang dengan patok pemakaian HDD sekitar 3 sampai 5 tahun saja.