Hallo sahabat techie! apa kabar?

Hari ini kita akan ngebahas nih tentang apa sih system low latency yang ada pada TWS atau True Wireless Earphone? Yuk kita simak!

Sekarang ini, TWS merupakan salah satu jenis earphone yang paling banyak dicari karena sangat mudah digunakan dalam beraktivitas. Meskipun banyak brand yang menjual TWS dengan berbagai macam variasi harga, tetapi pada setiap TWS tersebut pasti menyajikan fitur low latency.

Low latency sendiri adalah sebuah istilah dimana proses sinkronisasi output dapat diterima tanpa adanya delay atau keterlambatan, khususnya pada saat bermain game atau menonton video.

Sebagai contoh, jika sedang bermain game Battle Royale, ketika kita menembakkan peluru maka suara peluru tersebut akan terdengar terlambat dan delay sepersekian detik, dan biasanya terjadi disekitar 0,2 detik atau 200ms, hingga 0,8 detik atau 800ms. Jadi semakin tinggi tingkat latency yang ada pada TWS, maka akan semakin tinggi juga delay dan lag-nya akan semakin tinggi juga.

Hampir semua TWS memiliki klaim bahwa mereka memiliki system low latency rendah, tetapi ada cara untuk membuktikan bahwa TWS tersebut benar benar memiliki system low latency dan bukan gimmick. Biasanya, TWS memiliki latency yang ideal adalah dibawah 100ms, untuk beberapa TWS memiliki latency dengan tingkat 65ms.

Jika delay tersebut berada di atas 100ms atau mencapai 240ms-800ms, akan mengganggu kenyamanan pada perform TWS tersebut. Rendahnya tingkat latency pada TWS bisa ada karena adanya pengaruh dari teknologi Bluetooth generasi terbaru, umumnya teknologi Bluetooth yang digunakan pada TWS adalah Bluetooth 5.0 atau diatasnya, tetapi smartphone juga memiliki peran penting dimana smartphone tersebut juga harus mendukung Bluetooth dengan sistem terbaru yaitu Bluetooth 5.0.

Keuntungan yang didapatkan pada TWS dengan low latency rendah adalah dapat meningkatkan performa permainan dan meningkatkan komunikasi pada team kalian saat bermain Bersama.

Gimana sahabat techie, sekarang kalian udah tau kan gimana pentingnya system low latency yang rendah pada TWS, sekarang ini udah banyak juga TWS dengan system low latency rendah yang dijual dengan berbagai harga, kalian tinggal menyesuaikan aja nih dengan kebutuhan kalian! Nah sampai disini aja ya pembahasan kita kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!