Halo sahabat techie! Hari ini kita akan ngebahas nih tentang PSU atau power supply. Sebelumnya kalian sudah tau belum sih kalau PSU atau power supply mempunyai sticker sertifikat 80+ dengan warna yang berbeda seperti bronze, silver, gold, dan platinum? Nah sekarang ini kita kan ngebahas nih tentang perbedaan dari setiap PSU tersebut. Yuk disimak!

Setiap power supply atau PSU memiliki daya yang berbeda beda tergantung dengan seberapa besar wattnya dan seberapa besar daya yang dibutuhkan untuk mengangkat daya pada PC komputer.

Power supply atau PSU memiliki efisiensi yang berbeda beda tergantung dari produsen dan brand yang menyajikan PSU tersebut. Semakin kecil daya yang dipakai pada PSU tersebut, maka semakin baik juga kualitas pada power supply atau PSU tersebut. Nah setiap PSU memiliki sertifikat yang berbeda beda tergantung dengan kualitasnya dan dibedakan sebagai berikut:

  1.     Bronze

Power supply atau PSU yang memiliki sertifikat bronze biasanya memiliki efisiensi daya sebesar 82% dari daya yang dikeluarkan oleh PSU. Dari varian lainnya, PSU dengan sertifikat bronze ini merupakan PSU dengan kelas rendah atau PSU dengan performa paling bawah dibanding dengan PSU yang lain.

  1.     Silver

PSU dengan sertifikat Silver memiliki daya efisiensi yang lebih besar dibandingkan dengan PSU sertifikat bronze, yaitu sebesar 85% dari daya yang dikeluarkan. Varian ini tidak begitu banyak diminati karena memiliki daya yang tidak begitu jauh beda dengan kelas dibawahnya yaitu bronze, dan kelas di atasnya yaitu Gold.

  1.     Gold

Power supply bertanda sertifikat gold memiliki efisiensi daya 87% dari daya yang dikeluarkan dari PSU tersebut. PSU tipe ini banyak diminati dan digunakan karenakan memiliki daya efisiensi yang tinggi dan memiliki harga yang setara dan sebanding dengan kualitasnya. Karena daya efisiensinya yang besar dan mencapai 87%, PSU ini dapat digunakan dengan aman dan menghemat biaya listrik karena daya yang dikeluarkannya kecil.

  1.     Platinum

Platinum merupakan sertifikat dari PSU tertinggi di kelasnya dengan mencapai efisiensi daya sebesar 91% dari daya yang dikeluarkan oleh PSU tersebut. Biasnya, PSU ini digunakan untuk PC atau komputer dengan spesifikasi tinggi dan mumpuni untuk menyeimbangkan komponen dari PC yang lain. Fungsi lainnya adalah karena spek PC dengan performa tinggi sangat membutuhkan PSU ini agar daya dari efisiensinya dapat dikeluarkan secara maksimum.

Nah gimana sahabat techie, sekarang udah tau kan perbedaan dari keempat sertifikat yang ada pada PSU 80+. Sebenarnya PSU dengan sertifikat apapun akan bagus jika seimbang dengan spek PC yang ingin digunakan, nah sampai sini dulu ya artikel saat ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!