Laptop rusak tentunya disebabkan karena berbagai hal sahabat techie, salah satunya masalah pada harddisk. Tahukah kamu apa fungsi hard disk? Hard disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan seluruh data kamu baik untuk program, software, dokumen, foto, video dan data yang ada di laptop.

Karena harddisk memiliki peran yang sangat penting maka harus mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada harddisk kamu sahabat! Yuk simak artikel ini untuk mengetahui penyebab-penyebab atau tanda hardisk rusak, supaya data kamu tidak ada yang hilang.

1.Blue Screen

Masalah yang sering ditemui oleh pengguna yaitu layar laptop yang tiba-tiba mati dan muncul blue screen. Jika kamu sudah install ulang tetapi blue screen masih kerap muncul maka kemungkinan nya terdapat hal yang salah pada hard disk kamu.

2. Kinerja Lambat

Sahabat techie ketika sistem pada laptop kamu mulai bekerja secara tidak optimal, misalnya ketika kamu sedang mengakses program, mencari file atau menyimpan dokumen dan proses nya sangat lama, maka hal tersebut menjadi sebuah peringatan dini untuk kamu mengecek kondisi hard disk kamu.

3. Data File Rusak

pernah mengalami data file yang tidak bisa dibuka? hal tersebut terjadi karena file yang rusak, kamu bisa mengidentifikasikan penyebabnya dengan mengecek dan memperbaiki melalui  program deteksi virus. Jika hal tersebut terjadi bukan karena virus yang harus kamu lakukan adalah menghentikan pengoperasian laptop. 

4. Hard Disk Mengeluarkan Suara

Jika harddisk kamu mengeluarkan suara bising yang kencang secara tiba-tiba maka hal tersebut menandakan adanya masalah pada hard disk kamu sahabat. Solusinya adalah segera mematikan perangkat dan lakukan pengecekan sebelum laptop mati total.

Bagaimana sahabat techie? sekarang kamu sudah tau kan mengenai tanda-tanda harddisk rusak. Untuk masalah pada perangkat atau pada aksesoris laptop ataupun komputer kamu bisa langsung membawa atau konsultasikan ke Pemmztechie, dengan menghubungi nomor berikut ini, CS Pemmztechie tanjung duren 1/2: 0852-8028-0100/0899-9999-279, Pemmztechie jaksel: 0817-1717-3669 dan Pemmztechie yogya: 0818463089.