Sahabat techie! pernah dengar kan istilah kabel HDMI? Lalu sebenarnya apa ya kabel HDMI itu?

HDMI adalah komponen yang memungkinkan kamu untuk mengirim audio dan video definisi tinggi dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan satu kabel. HDMI atau High Definition Multimedia Interface pertama kali dikembangkan pada tahun 2002 oleh perusahaan teknologi terkemuka dunia seperti Sony dan Toshiba. HDMI adalah salah satu kabel koneksi yang paling umum digunakan di dunia. Faktanya, sejak 2015, telah menjual lebih dari 4 miliar kabel HDMI. Kabel HDMI dapat menghubungkan perangkat audiovisual rumah seperti teater rumah dan konsol game. HDMI juga tidak dapat dipisahkan dari laptop dan komputer pribadi.

HDMI dirancang untuk mengirim data dari perangkat sumber ke perangkat digital lainnya dalam bentuk video dan audio digital. Salah satu keunggulan HDMI yang dapat Anda rasakan dengan teknologi modern adalah Anda hanya perlu menyambungkan satu kabel HDMI dari konsol PS4 ke TV untuk  bermain game. Ini sangat berbeda dari PS2. Di PS2, Anda perlu menggunakan kabel RCA yang dibagi menjadi tiga cabang (merah, putih, kuning) untuk mengirim gambar dan audio dari konsol ke TV Anda. HDMI juga mendukung berbagai format file dari  standar hingga kualitas tertinggi di komputer, TV, konsol game, dan ponsel cerdas. Kabel HDMI

Kabel HDMI sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kualitas dan kecepatan transmisi data. Jenis-jenis berikut adalah:

  • Kabel HDMI Standar (Versi 1.2): Mendukung resolusi HD (720p hingga 1080p)
  • Kabel HDMI Kecepatan Tinggi (Versi 1.3 2.0): Mendukung resolusi 1080p hingga 4K (30Hz),  mendukung 3D dan warna dalam.
  • Premium High-Speed ​​​​HDMI Cable (Versi 2.0a): Mendukung resolusi Ultra HD, HDR, dan rentang warna yang diperluas hingga 4K (60Hz).
  • Kabel HDMI Kecepatan Ultra Tinggi (Versi 2.1): Mendukung semua resolusi dan mendukung resolusi hingga 8K dalam HDR.
  • HDMI + Kabel Ethernet: Dukungan tergantung pada versi HDMI dan memungkinkan perangkat yang terhubung Ethernet untuk berbagi koneksi dengan komponen lain melalui kabel HDMI.

Jenis bagian konektor kabel HDMI tergantung pada perangkat yang Anda gunakan:

  • Tipe A (default): Tipe A adalah tipe konektor yang paling umum ditemukan di banyak perangkat audiovisual, televisi, laptop, konsol game, dan lainnya.
  • Tipe C (Mini HDMI): HDMI Type-C atau Mini HDMI adalah konektor berukuran lebih kecil yang ditujukan untuk perangkat portabel seperti kamera DSLR dan tablet.
  • Tipe D (Micro HDMI): Ada konektor HDMI ukuran kecil yaitu Type D (Micro HDMI). Konektor ini biasanya ditemukan pada perangkat portabel dan kompak seperti smartphone.

Nah itu dia sahabat techie pengertian dari kabel HDMI, ternyata banyak ya jenis nya.